Agufpratiwi, Yolanda
(2019)
Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pkn Kelas V Sdn 113 Rejang Lebong.
Sarjana thesis, IAIN CURUP.
|
Text
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PKN KELAS V SDN 113 REJANG LEBONG.pdf
Download (5MB)
|
Abstract
Pendidikan karakter adalah upaya terencana yang dilakukan untuk mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai moral yang baik pada peserta didik.Pelaksanaan pendidikan karakter dilaksanakan pda kegiatan belajar mengajar, salah satunya melalui mata pelajaran PKN.Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research), dalam hal ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah dipahami dan disimpulkan.Sumber datanya penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder.Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarik kesimpulan.Berdasarkan tempatnya dan objeknya, penelitian ini termasuk penelitian lapangan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter terdiri dari atas perencanaan dan pelaksanaan.Perencanaan pembelajaran yang digunakan ada dibuat oleh guru dan ada juga tidak dibuat oleh guru sendiri, namun sudah menunjukkan pengintegrasian pendidikan karakter. Dalam hal pelaksanaan, guru mengimplementasikannya melalui metode pembelajaran yang dirancang oleh guru sendiri agar lebih menarik dalam proses pengajaran dan lebih mudah dipahami oleh anak didiknya dan dalam berbagai hal kegiatan seperti kegiatan spontan, penananaman kedisiplinan, serta menciptakan suasana yang kondusif. Dalam pembelajaran PKN guru mengembangkan dan menanamkan sekitar 4 nilai atau pilar karakter yang dikembangkan oleh sekolah tersebut seperti pilar sopan santun, kerja sama, saling menghormati, dan religious. Upaya dalam menanamkan karakter itu dengan cara membiasakan kegiatan yang sudah ada disekolah dan lebih diterapkan lagi oleg masing-masing guru yang mengajar. Hambatan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter adalah keterbatasan sarana dan prasarana sekolah, metode pembelajaran masih sama belum adanya perubahan, penilaian sikap, dan faktor keluarga.
Actions (login required)
|
View Item |