“Pengaruh Metode Bermain Jawaban Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas III MIN 10 Rejang Lebong”

Pratika, Elfrina Mayroja (2019) “Pengaruh Metode Bermain Jawaban Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas III MIN 10 Rejang Lebong”. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENGARUH METODE BERMAIN JAWABAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KE.pdf

Download (3MB)

Abstract

Metode bermain jawaban merupakan salah satu metode dari model pembelajaran kooperatif, yang menekankan proses pembelajaran dalam bentuk kelompok dan guru sebagai pengarahnya. Metode ini dapat diikuti oleh siswa dari awal hingga akhir pembelajaran, sehingga didapatlah hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, jumlah sampel pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III MIM 10 Rejang Lebong yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan angket dan tes soal, hasil dari data yang didapatkan dianalisis menggunakan rumus – rumus statistik dan product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X terhadap variabel Y yang didapatkan dengan cara membandingkan antara rhitung (0, 70) dengan rtabel (0,444). Setelah dikonsultasikan terhadap nilai “r” ternyata df 18 terdapat dalam tabel dengan rtabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,444. rxy yang besarnya = 0,70 adalah lebih besar dari rtabel yang besarnya 0,444. Karena rxy lebih besar dari pada rtabel, maka (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Berarti terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Besarnya pengaruh tersebut adalah 49% yang didapatkan dari rumus Kd = r2 x 100%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Pratika, Elfrina MayrojaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerHarmi, HendraUNSPECIFIED
ReviewerKhair, UmmulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajan Kooperatif; Metode Bermain Jawaban; Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:21
Last Modified: 25 Oct 2019 04:21
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/339

Actions (login required)

View Item View Item