Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Lingkungan Sekolah Pada Pembelajaran Tematik

Arum, Dwi Sekar and Amda, Ahmad Dibul and Yalizah, Yosi (2023) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Lingkungan Sekolah Pada Pembelajaran Tematik. Sarjana thesis, Institus Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Dwi Sekar Arum.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan tentang pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Berbasis Lingkungan Sekolah pada Pembelajaran Tematik, artinya LKS yang dikembangkan ini memuat pembelajaran berbasis lingkungan sekolah dimana yang dimaksud dengan lingkungan sekolah merupakan daerah tempat tinggal siswa dan guru sebagai subjek penelitian yaitu daerah Rejang Lebong, yang berisikan materi-materi dan kegiatan yang ada di Rejang Lebong. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan LKS yang dapat digunakan untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan dekat dengan lingkungan sekitar terkhususnya Rejang Lebong. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian dan pengembangan (reaserch and development). Penelitian dan pengembangan ini lebih terfokus pada pembuatan suatu produk yang akan dikembangankan dan setelah itu dilakukan penialain atau validasi oleh ahli/pakar. Penelitian dan pengembangan menggunakan model penelitian Dick & Carey, di mana penelitian dan pengembangan ini memiliki sepuluh tahapan yang disederhanakan menjadi empat tahapan dikarenakan beberapa faktor sehingga yang dilakukan pada penelitian dan pengembangan ini hanya empat tahapan saja, yaitu : a)tahap analisis kebutuhan; b)tahap desain produk; c)tahap validasi; d)tahap produk akhir. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa dengan adanya lembar kerja siswa berbasis lingkungan sekolah dapat membantu siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan mendapat pembelajaran yang lebih nyata di lingkungan sekitar, Pengembangan LKS yang pertama dilakukan yaitu tahap pra-validasi dengan mengkonsultasikan produk awal untuk mendapatkan masukan dan menganalisis kebutuhan siswa dan guru selanjutnya memvalidasi instrumen penilaian sebelum melakukan validasi kepada para ahli, tahap validasi berguna untuk menilai kelayakan produk, Validasi dilakukan satu kali pada setiap ahli/pakar dan validator yang pertama ahli materi, yang kedua ahli media dan yang ketiga guru mata pelajaran tematik kelas V SD/MI. Tahap desain produk kegiatannya diawali dengan menentukan komponen LKS, konsep penyampaian dan pengorganisasian materi, dengan menggunakan software Ms.Word dan aplikasi Canva. Hasil validasi menunjukan bahwa pengembangan LKS berbasis lingkungan memenuhi kriteria baik dan sangat baik. Kata Kunci: Pengembangan Lembar Kerja Siswa, Berbasis Lingkungan,Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Arum, Dwi Sekardwiarum2210@gmail.com
Amda, Ahmad DibulAhmaddibulamda@iaincurup.ac.id
Yalizah, Yosiyosiyalizah@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:19
Last Modified: 15 Mar 2023 07:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3377

Actions (login required)

View Item View Item