Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Ter-Hadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Negeri 32 Rejang Lebong

Fadillah, Aris M and Arbani, Wiwin and Meldina, Tika (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Ter-Hadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Negeri 32 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
kaset Aris.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas 5 SD Negeri 32 Rejang Le-bong, penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui proses penerapan media pem-belajaran Quizizz; 2) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelas eksperi-men dan kontrol; 3) Mengetahui pengaruh media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD Negeri 32 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian kuasi eksperimen nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas 5, yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Dari hasil proses penerapan media pembelajaran Quizizz terdapat perbedaan antara nilai pretest dan posttest yang di-mana nilai posttest lebih baik, artinya terdapat peningkatan kognitif siswa setelah diberi perlakuan; 2) Perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol, Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan media Quizizz dalam proses pembelajaran IPA pada kelas 5, diperoleh rata-rata tes akhir (posttest) 15,57, sedangkan kelas kontrol yang menggunakan metode konvesional diperoleh rata-rata posttest 14,86. Berdasarkan hasil rata-rata posttest bahwa pembelajaran menggunakan media Quizizz dalam proses pembelajarannya, memiliki hasil yang lebih baik; 3) Hal tersebut menunjuk-kan bahwa penggunaan Quizizz sebagai media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 32 Rejang Lebong, berdasarkan uji hipotesis paired sampel t test, diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,005, maka Ho ditolak dan Ha diterim a. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest, yang artinya ada pengaruh media Quizizz (variable X) terhadap hasil belajar (variable Y) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SDN 32 Rejang Lebong. Kata Kunci : Media Quizizz, Hasil Belajar, IPA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Fadillah, Aris Mmarisfadillah8@gmail.com
Arbani, Wiwinwiwinarbaniw@iaincurup.ac.id
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:46
Last Modified: 15 Mar 2023 07:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3375

Actions (login required)

View Item View Item