Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 60 Rejang Lebong

Kuris, Fenda Sari and Mustar, Saidil and Nurjannah, Nurjannah (2022) Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 60 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Adapun masalah yang terjadi Bentuk-bentuk kesulitan peserta didik di bidang studi Pendidikan Agama Islam diantaranya adalah: sulit dalam membaca, menulis dan menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur’an, sulit dalam mempraktekkan gerakan-gerakan shalat secara sempurna dan menghafalkan bacaan-bacaan salat, serta kurangnya pemahaman dan pengamalan materi. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 60 Rejang Lebong, apa tujuan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 60 Rejang Lebong, apa saja faktor penghambat dan pendukung guru mengatasi kesulitan belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 60 Rejang Lebong. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam penelitian iini isubjek ipenelitian iadalah guru PAI dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data pada penelitian ini adalah data ireduction i(reduksi idata), data idisplay i(penyajian idata), conclusion idrawing/data iverification i(penarikan ikesimpulan). Untuk memeriksa keabsahan data, maka dilakukan triangulasi data dengan menggunakan triangulisi sumber dan metode yang diperoleh melalui observasi dengan data yang diperlukan melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesulitan belajar siswa yaitu beberapa hal yang berhubungan dengan kesulitan siswa dalam belajar diantaranya seperti tidak mampu membaca Al-Qur’an dengan tepat, belum mampu menulis huruf arab yang ada di Al-Qur’an dengan baik, sehingga tentu akan sulit juga bagi siswa untuk menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur’an tersebut (2) Strategi guru mengatasi kesulitan belajar siswayaitu pendekatan secara pribadi misalnya dengan mengajak siswa untuk melaksanakan kegiatan tadarus Al-Quran lalu membuat kelompok kelas yang diperkirakan dapat membantu mengatasi kesuiltan belajar siswa (3) Kendalanya yaitu sarana dan prasarana yang merupakan komponen penting yang dapat mempengaruhi proses pelayanan kesulitan belajar siswa, Media pengajaran karena keberhasilan program pengajaran tidak tergantung dari canggih atau tidaknya media yang digunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Kuris, Fenda Sarifsarikuris@gmail.com
Mustar, SaidilUNSPECIFIED
Nurjannah, Nurjannahnurjannah@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 15 Mar 2023 08:21
Last Modified: 15 Mar 2023 08:33
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3358

Actions (login required)

View Item View Item