Efektivitas Metode Speed Reading pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia terhadap Kemampuan Membaca Cepat Siswa di Kelas V SD 77 Rejang Lebong

Dewi Amelia, Beka and Murniyanto, Murniyanto and Iskandar, Zelvi (2023) Efektivitas Metode Speed Reading pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia terhadap Kemampuan Membaca Cepat Siswa di Kelas V SD 77 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
BEKA DEWI AMELIA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan metode membaca cepat mata pelajaran Bahasa Indonesia terhadap keterampilan membaca cepat siswa di kelas V SD 77 Rejang Lebong. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan berupa pre-test dan post-test dengan sampel 8 laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasy eksperimen. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: (1) kemampuan membaca cepat siswa pretes dinilai sangat rendah yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata pretest dengan skor sebesar 57,8947368 (2). setelah diberikan perlakuan kemampuan membaca pemula siswa dikelas II mengalami perubahan dengan dibuktikan dari perolehan rata-rata setelah posttest yaitu sebesar 151,842105 maka peningkatan terhadap kemampuan membaca pemula siswa sebesar 93,9473682 (3) dengan hasil yang telah dilaksanakan bahwasannya metode pembelajaran Speed Reading efektif digunakan untuk kemampuan membaca pemula siswa kelas II SD Negeri 77 Rejang Lebong. Dibuktikan dengan t_hitung dalam penelitian ini yaitu 22.783 sedangkan nilai t_tabel 1.495 maka uji hipotesis dengan t_hitung>t_tabel yang berarti H_a diterima.Maka Metode Pembelajaran Speed Reading telah dapat dikatakan efektif. Kata Kunci : Efektivitas, Metode Pembelajaran Speed Reading, Kemampuan Membaca

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Dewi Amelia, Bekabekkaamelia2@gmail.com
Murniyanto, Murniyantoyantomurni.65@gmail.com
Iskandar, ZelviZelvi.is89@gmail.cpm
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 15 Mar 2023 09:01
Last Modified: 15 Mar 2023 09:01
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3355

Actions (login required)

View Item View Item