Pembelajaran Membaca dan Menulis Melalui Penggunaan Bahasa Ibu di Sindang Dataran

Kartika, Yeni and Botifar, Maria and Mina putra, Muksal (2023) Pembelajaran Membaca dan Menulis Melalui Penggunaan Bahasa Ibu di Sindang Dataran. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
SKRIPSI_YENI KARTIKA_ 18591161_ PGMI (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS MELALUI PENGGUNAAN BAHASA IBU DI SINDANG DATARAN (Studi Kasus di SDN 153 Rejang Lebong) Oleh: Yeni Kartika 18591161 Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran membaca dan menulis di kelas awal berperan penting dalam menentukan keberhasilan belajar siswa ditingkat ini pembelajaran membaca dan menulis perlu diperkenalkan kedua keterampilan tersebut tidak berkembang dengan sendirinya tetapi perlu diajarkan. anak-anak yang menerima pendidikan menggunakan bahasa ibu mereka di kelas rendah cenderung memiliki hasil belajar yang lebih baik dan tingkat melek huruf yang jauh lebih baik, meningkatkan kepercayaan diri siswa dan prestasi akademik siswa, bahasa ibu juga memiliki manfaat budaya yang juga membantu anak agar tidak krisis identitas, penggunaan bahasa ibu dalam pembelajaran akan lebih mudah untuk mengumpulkan pengetahuan dari pada melalui bahasa kedua. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pembelajaran membaca melalui penggunaan bahasa ibu, pembelajaran menulis melalui penggunaan bahasa ibu, serta untuk mengetahui kesulitan dan hambatan pembelajaran membaca dan menulis melalui penggunaan bahasa ibu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pembelajaran membaca melalui penggunaan bahasa ibu mulai dari pengenalan abjad a-z, merangkai kata, membaca kalimat,membaca identitas diri, membedakan huruf abjad, berhitung penjumlahan serta membaca nyaring. Dan pembelajaran menulis yaitu mulai darimenulis abjad, menrangkai kata, menulis kata, menulis kalimat, menulis identitas diri dan menulis perbedaan huruf kapital dan huruf kecil dengan menggunakan bahasa ibu peserta didik lebih memahami apa yang telah di ajarkan oleh guru mulai dari bertanya jawab hingga komunikasi sesama teman dan guru proses pembelajaran menjadi menarik dan seru serta dipahami oleh peserta didik. Kesulitan dan hambatan bermain saat belajar, suka ribut saat guru menerangkan, sulit memahami perbedaan huruf, belum lancar membaca, salah penyebutan lafal setelah mengeja, faktor intelektual dan faktor lingkungan. Kata kunci: Pembelajaran membaca, menulis,penggunaan bahasa ibu

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Kartika, Yeniyenikartika379@gmail.com
Botifar, Mariamariabotifar@iaincurup.ac.id
Mina putra, Muksalmuksalminaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun5 akun5
Date Deposited: 15 Mar 2023 01:18
Last Modified: 15 Mar 2023 01:18
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3344

Actions (login required)

View Item View Item