Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN 04 Rejang Lebong

Oktarimis, Dona and Warlizasusi, Jumira and Gunawan, Guntur (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN 04 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang sering muncul dalam dunia pendidikan yaitu kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan masalah masih kurang. Siswa cenderung dijejali berbagai informasi yang hanya membutuhkan hafalan sederhana. Siswa memiliki banyak pengetahuan dan informasi, tetapi sulit untuk menghubungkannya dengan situasi yang mereka hadapi Metode Penelitian dalam Penelitian ini merupakan Metode penelitian kuantitatif ex post facto yang bertujuan untuk menjelaskan atau menemukan bagaimana variabel – variabel dalam penelitian saling berhubungan atau berpengaruh. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran IPA dan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN V Rejang Lebong. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 4 Rejang Lebong. Untuk sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Rejang Lebong.Data hasil penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan kuosioner angket Uraian yang dianalisis menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana dan Uji Koefisien Determinasi, hasil analisis disimpulkan bahwa terdapat pengaruh prestasi belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi konsep.hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji Regresi Linier Sederhana menunjukkan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan hasil uji Koefisien Determinasi menunjukkan nilai Korelasi (R) 0,813 dari output tersebut diperoleh R Square 0,661. Dengan demikian Ha Diterima dan H0 Ditolak. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran IPA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Oktarimis, Donadonad4119@gmail.com
Warlizasusi, Jumirajumira.ifnaldi@gmail.com
Gunawan, Gunturgunturgunawan@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 14 Mar 2023 09:07
Last Modified: 14 Mar 2023 09:07
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3337

Actions (login required)

View Item View Item