Astriyana, Dian and Arcanita, Rafia and Rahmaningsih, Sri (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memotivasi Siswa untuk Menghafal Hadits di SDTQ Salsabilla Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
fulltext.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitan ini adalah untuk mengetahui Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memotivasi Siswa Untuk Menghafal Hadits Di SDTQ Salsabilla Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (fred research). Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, data display, kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu (1) Upaya yang dilakuakan guru PAI dalam memotivasi siswa untuk menghafal hadits di SDTQ Salsabilla yaitu: (a) Memberikan hadia jika mereka dapat menyelesaikan hafalan hadits. (b) Memberikan apresiasi berupa pujian atau pengakuan adapun maksud dari apresiasi atau pujian ini supaya siswa termotivasi oleh pujian yang diberikan. (c) Guru selalu mengajak pesertadidik untuk mengigat hafal atau muroja’ah bersama sebelum melakukan pembelajaran selanjutnya. (d) Mengadakan kegiatan muhadoro. (2) Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi siswa untuk menghafal hadits pada kelas V di SDTQ Salsabilla yaitu: Menggunakan Metode Talqin, Jama' , dan halaqqi. Kata Kunci : Upaya guru pendidikan agama Islam, Motivasi, Menghafal hadits.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2023 08:35 | ||||||||
Last Modified: | 14 Mar 2023 08:35 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3335 |
Actions (login required)
View Item |