Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membina Peserta Didik di SMP Negeri 2 Rejang Lebong

Putri, Annisa and Sahib, Abdul and Bahri, Syaiful (2023) Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membina Peserta Didik di SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext.pdf - Accepted Version

Download (7MB)

Abstract

Strategi ialah merupakan wadah organisasi dalam melaksanakan kegiatan meningkatkan mutu guna menggabungkan satu kesatuan ide serta kerjasama untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Bentuk kepemimpinan kepala sekolah tugasnya adalah mengawasi aktivitas sekolah dengan menyusun tujuan, disiplin dan mengevaluasi hasil pembelajaran yang telah dicapai. Adapun permasalahan pada latar belakang penelitian ini mengenai banyaknya peserta didik yang membolos pada saat jam sekolah bahkan orang tua mereka tidak tahu kejadian ini. Hal ini dapat dibuktikan pada akhir semester pengambilan rapor peserta didik dan hal tersebut terjadi karena menyepelekan guru serta kurangnya pendidikan karakter pada peserta didik. Penelitian ini berfokus pada strategi kepemimpinan yang digunakan dalam membina prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan juga peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi yang dilakukan secara langsung kelapangan. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembinaan dalam prestasi belajas peserta didik sudah dikatakan baik meskipun masih ada beberapa yang belum sesuai tujuan. Adapun strategi kepemimpinan kepala sekolah yang dilakukan untuk membina prestasi belajar peserta didik yaitu: a.kegiatan menumbuhkan pendidikan karakter, b.kegiatan pengembangan diri, c.menciptakan pembelajaran yang kondusif dan efektif, d.menyiapkan RPP, e.media dan sumber belajar, dan f.inovasi berupa reward. Adapun kendala yang dihadapi sekolah dalam pembinaan tersebut yaitu: a.prilaku peserta didik yang tidak menghormati guru, b.kurangnya motivasi belajar, dan c.nilai tidak mencapai KKM. Adapun dampak positifnya yaitu: a.prestasi meningkat, b.motivasi meningkat dan, c.disiplin meningkat Kata Kunci: Strategi kepemimpinan Kepala Sekolah, Prestasi Belajar Peserta didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Putri, Annisaannisaputrianpu@gmail.com
Sahib, Abdulabdulsahib@iaincurup.ac.id
Bahri, Syaifulsyaiful@iain.curup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:50
Last Modified: 14 Mar 2023 08:50
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3332

Actions (login required)

View Item View Item