Pengaruh Customer Relationship Management (CRM), Komunikasi Pemesaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pembiayaan Di Bmt Pat Sepakat

Lestari, Ayu and Noprizal, Noprizal and Andriko, Andriko (2023) Pengaruh Customer Relationship Management (CRM), Komunikasi Pemesaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pembiayaan Di Bmt Pat Sepakat. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Ayu.pdf

Download (4MB)

Abstract

Baitul Maal wat Tanwil (BMT) merupakan lembaga keuangan yang melaksanakan menghimpun dan menyalurkan dana, tidak terlepas dari ketatnya persaingan antar lembaga keuangan lainnya, dengan menumbuhkan sikap loyal kepada anggota BaitulMaal wat Tanwil (BMT) karena dapat meningkatkan asset keuangan dan mempertahankan kelangsungan hidup Baitul Maal wat Tanwil (BMT). Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode deskriptif dengan jumlah sampel 105 responden, dalam penyusun kuisioner ini penelitian menggunakan skala likert dengan skor 1-5 setiap jawaban dari pertanyaan yang dipilih. Variabel ini di bagi menjadi beberapa indikator yang kemudian menjadi tolak ukur dalam penyusunan item- item instrumen pertanyaan. Dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi liner berganda, uji t (persial) dan uji f (simultan). Dengan perhitungan menggunakan SPSS 24.0 Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel Customer Relationship Management (CRM) memiliki nilai signifikan yaitu 0,282 > 0,05 artinya Customer Relationship Management (CRM) tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Komunikasi Pemasaran memiliki nilai signifikan yaitu 0,349 > 0,05 artinya Komunikasi Pemasaran tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Kualitas Pelayanan memiliki 0,100 > 0,05 artinya Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hasil uji f nilai signifikan (0,154) > 0,05 maka dapat di simpulkan bahwa Customer Relationship Management (CRM), Komunikasi Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah pembiayaan BMT Pat Sepakat Kata kunci: Customer Relationship Management (CRM), Komunikasi Pemasaran, Kualitas Pelayanan, Loyalitas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Lestari, Ayuayuulestari267@gmail.com
Noprizal, NoprizalNoprizal@gmail.com
Andriko, Andrikoandriko@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:04
Last Modified: 14 Mar 2023 01:04
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3296

Actions (login required)

View Item View Item