Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Adat Pernikahan Suku Rejang di Kabupaten Lebong

Insan, Muttaqin and Karolina, Asri and Indrawari, Karliana (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Adat Pernikahan Suku Rejang di Kabupaten Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM ADAT PERNIKAHAN SUKU REJANG DI KABUPATEN LEBONG.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pelaksanaan proses adat pernikahan Suku Rejang di Kabupaten Lebong yang masih dilaksanakan setiap pernikahan diadakan. Pada pelaksanaan adat pernikahan tersebut terdapat unsur-unsur keagamaan serta nilai-nilai pendidikan agama Islam yang dapat dijadikan sebagai pedoman serta contoh dikalangan generasi muda dan masyarakat sekitar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan Adat Pernikahan suku Rejang, untuk mengetahui Apa saja Nilai-Nilai Pendidikan Islam yang terdapat dalam adat pernikahan suku Rejang, untuk mengetahui relevansi antara pendidikan islam dengan adat pernikahan suku rejang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field reaseach), yakni penelitian yang dilakukan secara langsung ke lapangan untuk penggalian serta pengumpulan informasi dari responden dan informan serta objek yang diamati melalui instrumen pengumpulan data. Jenis penelitian adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penggunaan metode analisis dengan menggunakan model yang dikemukakan oleh Huberman dan Miles yang meliputi: 1) Reduksi data, 2) Display data, 3) Pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: pertama Pelaksanaan Adat pernikahan suku rejang di desa bajak kecamatan rimbo pengadang dilakukan dalam tiga rangkaian kegiatan yang berupa: pelaksanaan awal, pelaksanaan inti, dan pelaksanaan penutup. pelaksanaan awal (pertemuan awal antara pihak laki-laki dengan pihak perempuan, pengantaran Adat, Rapat keluarga Gotong royong, Rapat Adat). kegiatan inti ada dua cara yang wajib dipakai, yaitu Cara Adat dan Cara Agana Islam, Cara Adat, (pembukaan, kapur sirih untuk bapak kepala desa, kapur sirih untuk bapak imam), selanjutnya proses cara agama Islam, (pembukaan, Sembah sujud, pembacaan ayat Al-qur’an, memeriksa surat menyurat, Kutbah nikah, Ijab kabul) Ketiga pelaksanaan penutup (Do’a nikah, pembacaan taqliq talaq, tanda tangan surat menyurat, bersalaman dengan seluruh yang ada dipanggung, Jamuan, hiburan, gotong royong. Kedua Terdapat nilai-nilai pendidikan Agama Islam yaitu: a) Nilai pendidikan I’tiqodiyah (aqidah), berupa keyakinan baik itu ucapan maupun kepercayaan. b) Nilai pendidikan Khulukiyah (akhlaq) yang berupa sifat tolong menolong, silahturahmi serta megormati kedua orang tua. c) Nilai pendidikan Amaliyah (Ibadah), hal tersebut dapat dilihat dari niat membangun rumah tangga, dengan niat mencari rido Allah dan semata-mata untuk beribadah dengan Allah Ta’ala. Ketiga untuk relevansi Nilai-nilai pendidikan islam dengan adat pernikahan suku rejang, merupakan dua hal yang berbeda masing-masing memiliki konep dan orientasi tersendiri tetapi titik temu kedua terseut adalah pada aspek nilai-nilai yang ada pada keduanya. Kata Kunci : Nilai-nilai, Pendidikan Agama Islam, Pernikahan, Adat Rejang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Insan, Muttaqininsanmuttaqin17@gmail.com
Karolina, AsriUNSPECIFIED
Indrawari, KarlianaUNSPECIFIED
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 13 Mar 2023 08:02
Last Modified: 13 Mar 2023 08:02
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3294

Actions (login required)

View Item View Item