Model Pembelajaran Pai Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Era Milenial

Restu, Abdiyantoro and Sutarto, Sutarto and Karliana, Indrawari (2023) Model Pembelajaran Pai Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Era Milenial. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
skripsi Restu Abdiyantoro(1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai moderasi yang di tanamkan melalui pembelajaran pendidikan agama Islam di era milenial dan untuk mengetahui model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di era milenial. Nilai-nilai moderasi apa saja yang di tanamkan melalui pembelajaran pendidikan agama Islam di era milenial dan Model pembelajaran apa saja yang digunakan untuk ditanamkan nilai-nilai moerasi beragama di era milenial. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya dari akibat berkembangnya teknologi yang menyebabkan terjadinya perubahan perilaku siswa serta tidak ada pembatas antara teknologi dan manusia dalam menggunakan teknologi di era milenial. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Sumber data utamanya adalah buku teks Model Pembelajaran Abad 21 dan Moderasi Beragama. Bentuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui membaca, pendeskripsian, dan penelaahan terhadap isi buku yang sedang dipelajari atau dijadikan sumber penelitian. Jenis pendekatan penelitian ini menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai moderasi beragama yang dapat di tanamkan di Pendidikan agama islam di era milenial adalah Komitmen Kebangsaan, Tolernsi, Anti Radikalisme dan Kekerasan, dan Akomodatif dengan Budaya Lokal dari beberapa model pembelajaran yang ada hanya beberapa model pembelajaran yang di gunakan dalam pembelajaran Pendidikan agama islam di era milenial adalah Model Pembelajaran Bahtsul Masail, Model Pembelajaran Orang Dewasa (POD) (Andragogi), Model Pembelajaran Jarak Jauh, Model Pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS), dan Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi (Jurisprudential Inquiry)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Restu, Abdiyantoror.smansapala555@gmail.com
Sutarto, SutartoUNSPECIFIED
Karliana, IndrawariUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 13 Mar 2023 08:00
Last Modified: 13 Mar 2023 08:00
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3293

Actions (login required)

View Item View Item