Hubungan Kreativitas Guru Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iva Pada Mata Pelajaran Matematika SD N 77 Rejang Lebong

Indah, Dwi Rosalia (2019) Hubungan Kreativitas Guru Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iva Pada Mata Pelajaran Matematika SD N 77 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
HUBUNGAN KREATIVITAS GURU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IVA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SDN 77 REJANG~1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakang oleh tugas dan tanggung jawab seorang guru terhadap siswa yaitu Kreativitas Guru seperti : menggunakan keterampilan bertanya, memberi penguatan , memberikan variasi, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, membimbing diskusi kelompok kecil, mengelola kelas, dan mengajar kelompok kecil dan perorangan kelas serta melihat hubungan dari kreativitas guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, sebagaimana hasil observasi yang sudah penulis laksanakan, penulis menemukan beberapa masalah diantaranya, kurangnya minat siswa dalam belajar matematika, sulit untuk mengungkapkan ide dan bertanya pada saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN 77 Rejang Lebong yang berjumlah dua puluh tiga orang siswa. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah dua puluh tiga orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah t-tes satu sampel untuk variabel X dan variabel Y, untuk mencari korelasi antara variabel X dan variabel Y menggunakan rumus korelasi product moment kasar. Dari hasil penelitian didapat kesimpulan sebagai berikut : tingkat kreativitas guru sudah berada pada taraf yang baik yaitu dengan perolehan uji t-test sebesar 4,99, begitu juga dengan kemampuan berpikir kritis siswa berada pada taraf yang baik dengan perolehan 7,11 dan data yang diperoleh setelah diolah ternyata membuktikan bahwa terdapatnya hubungan yang signifikan positif yang kuat atau tinggi antara kreativitas guru dengan kemampuan berpikir keritis siswa dengan perolehan rxy 0,977 yang besarnya berkisar 0,90-1,00 artinya guru yang menggunakan kreativitasnya pada saat mengajar akan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Indah, Dwi RosaliaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerRatnawati, RatnawatiUNSPECIFIED
ReviewerOktori, Agus RiyanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hubungan; Kreativitas Guru dan Kemampuan Bepikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:20
Last Modified: 25 Oct 2019 04:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/329

Actions (login required)

View Item View Item