Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Melalui Metode Kumon Di SD N 12 Rejang Lebong

Putri, Riskite Dwi (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Melalui Metode Kumon Di SD N 12 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MELALUI METODE KUMON DI SDN 12 REJANG LEBONG.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 12 Rejang Lebong masih dibawah KKM sehingga perlu dilakukannya pembaharuan model pembelajaran oleh guru sebagai respon semakin lemahnya kualitas belajar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran, menyebabkan kinerja siswa rendah, baik proses maupun hasil belajarnya. Keadaan ini dikarnakan kurangnya variasi guru dalam menggunakan model, metode pembelajaran, cara penyajian bahan pelajaran dan mengola proses belajar sehingga menimbulkan kejenuhan, kebosanan dan menurunkan minat belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti menawarkan penerapan metode Kumon dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa khususnya pada kelas V di SDN 12 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau (classroom action research). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan model dari Kurt Lewin. Adapun langkah-langkah model Kurt Lewin ini ada empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian dengan model pembelajaran Kumon dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 69,65 dan pada siklus II sebesar 77,5. Sedangkan persentase ketuntasan sebelum digunakan model pembelajaran Kumon adalah 35%, setelah diterapkan model pembelajaran Kumon persentase ketuntasan pada siklus I diperoleh nilai sebesar 60% dan pada siklus II sebesar 85%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai hasil belajar siswa dapat dikatakan tuntas pada siklus II ini terbukti dengan nilai ketuntasan belajar siswa telah mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan. Model pembelajaran Kumon dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Putri, Riskite DwiUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerRatnawati, RatnawatiUNSPECIFIED
ReviewerPutra, Muksal MinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Kumon; Pengukuran; Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:20
Last Modified: 25 Oct 2019 04:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/328

Actions (login required)

View Item View Item