Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Secara Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDIT Cahaya Rabbani Kabupaten Kepahiang

Julianti, Oka and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Daheri, Mirzon (2021) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Secara Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDIT Cahaya Rabbani Kabupaten Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran daring (Dalam Jaringan) dilakukan semenjak munculnya Covid-19 yang mewabah di seluruh dunia termasuk Indonesia. Kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan secara konvensional dengan tatap muka di sekolah harus dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan media teknologi. Hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Tentu hal ini membawa pengaruh yang sangat besar, dimana baik siswa maupun guru harus bisa beradaptasi dalam menghadapi situasi ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Pembelajaran PAI secara daring terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDIT Cahaya Rabbani Kepahiang. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah deskriftif dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan analisis regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian ini: (1) Berdasarkanipengisian kuesioner pembelajaran PAI secara Daring dapat diketahui bahwa hasil perhitungan statistik diperoleh thitung 17,21 > ttabel 5% yaitu 1,994437, dan dari 72 siswa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 61,49% dapat diterima. (2) Berdasarkan analisis hasil*belajar PAI siswa kelas V di SDIT Cahaya Rabbani Kepahiang dapat diketahui bahwa dari perhitungan statistik diperoleh thitung 26,09 > ttabel 5% yaitu 1,994437. Dari 72 siswa diperoleh rata-rata sebesar 69,90% dapat diterima. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran PAI secara Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SDIT Cahaya Rabbani Kepahiang . Hal ini dibuktikan dengan hasil korelasi product moment yang menunjukkan nilai sebesar 0,349, sehingga dapat di interpretasikan bahwa kedua variabel memiliki korelasi yang cukup. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tersebut dapat diketahui dengan menggunakan koefisien determinan r2 yang dinyatakan dalam persentase, dan dari data di atas diperoleh r2 0,121 = 12,1%. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 12,1% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata Kunci : Pembelajaran PAI, Daring, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Julianti, OkaUNSPECIFIED
Hamengkubuwono, HamengkubuwonoUNSPECIFIED
Daheri, MirzonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, Daring, Hasil Belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 13 Mar 2023 05:06
Last Modified: 13 Mar 2023 05:06
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3272

Actions (login required)

View Item View Item