Penerapan Metode Maternal Reflektif Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Terhadap Anak Tunarungu di SLB Negeri Curup Selatan

Chera, Delta and Rahman, Abdul and Yanuarti, Eka (2023) Penerapan Metode Maternal Reflektif Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Terhadap Anak Tunarungu di SLB Negeri Curup Selatan. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENERAPAN METODE MATERNAL REFLEKTIF PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP ANAK TUNARUNGU DI SLB NEGERI ~1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh berkembangnya lembaga atau yayasan dan sekolah yang menerapkan metode maternal reflektif pada pembelajaran PAI pada anak Tunarungu, salah satunya di SMPLB Curup Selatan. Permasalahan yang sering terjadi adalah kesulitan anak tunarungu dalam memahami pelajaran PAI, maka dari itu diperlukan metode yang tepat yakni dengan menggunakan MMR (Metode Maternal Reflektif). Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi kesulitan anak dalam berbahasa dan meningkatkan kemampuan anak dengan menerapkan MMR. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research)atau obeservasi yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah SLB Negeri Curup Selatan, Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa-siswi tuna rungu. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi serta uji kredibilitas data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik (metode). Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Penerapan Metode maternal reflektif pada pembelajaran PAI pada anak Tunarungu, yang digambarkan di SLB Curup Selatan bahwasanya MMR sangat perlu diterapkan terus-menerus guna untuk meningkatkan perkembangan anak dalam penggunaan bahasa lisan dalam proses pembelajaran PAI mengalami kemajuan secara berskala dengan dibantunya oleh alat dan media, peran guru dalam mengajar sehingga anak mampu berperan aktif, mengembangkan kemampuannya sesuai dengan tujuan. 2) Implikasi penggunaan MMR pada pelajaran PAI khususnya terhadap anak tunarungu sangat membantu anak dalam mengembangkan bahasa lisan. 3) -Faktor Penghambat : Internal: Kepala Sekolah, guru, materi,kemampuan, media dan alat. Eksternal: Lingkungan sosial. -Faktor pendukung, Internal: Guru, materi, bahan ajar, dan keterampilan. Eksternal: Siswa (teman), lingkungan sekolah, tenaga kerja sekolah dan keluarga. Kata Kunci: Metode, Pembelajaran PAI, faktor pendukung dan penghambat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Chera, Deltadeltachera67@gmail.com
Rahman, Abdulabdulrahman04071972@gmail.com
Yanuarti, Ekaekayanuarti@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:30
Last Modified: 13 Mar 2023 04:30
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3269

Actions (login required)

View Item View Item