Sistem Pengasuhan Anak dalam Membangun Karakter Jujur di Panti Asuhan Qurota ‘Ayun

Arsillah, Wanda Arum and Sugiatno, Sugiatno and Rini, Rini (2021) Sistem Pengasuhan Anak dalam Membangun Karakter Jujur di Panti Asuhan Qurota ‘Ayun. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak anak asuh yang kurang jujur dalam melaksanakan kegiatan dan aktivitas sehari-hari. Adapun tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana sistem pengasuhan anak dalam membangun karakter jujur di Panti Asuhan Qurota ‘Ayun, hasil penerapan sistem pengasuhan pada anak dalam membangun karakter jujur di Panti Asuhan Qurota ‘Ayun, Faktor Pendukung dan Penghambat Sistem Pengasuhan Anak dalam Membangun Karakter Jujur di Panti Asuhan Qurota ‘Ayun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, maka penelitian ini merupakan penelitian subjek dan penelitian objek. Sumber data primer penulis dapat dari hasil wawancara dengan ketua Panti Asuhan, pengasuh, anak asuh, orang tua anak asuh, dan masyarakat. Subjek dalam penelitian ini Panti Asuhan Qurotta ‘Ayun, pengasuh, anak-anak asuh. Tehnik pengumpulan data adalah wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, dan kredibilitas data adalah: trigulasi sumber dan triangulasi teknik. Simpulan yang diperoleh adalah, pertama Sistem pengasuhan anak dalam membangun karakter jujur di Panti Asuhan Qurota ‘Ayun, melalui penerapan sistem pendidikan berbentuk individual dan kelompok. penanaman karakter jujur di Panti Asuhan Qurota ‘Ayun dilakukan melalui metode keteladanan oleh pengasuh dan ditanam melalui metode pembiasaan secara terus menerus dengan cara melatih skil wirausaha, shalat berjama’ah tepat waktu di musholah, melatih anak-anak asuh untuk puasa Senin- Kamis. Ketika semua tertanam di hati anak asuh maka mereka akan enggan untuk melakukan sikap yang tidak jujur. Kedua sistem yang diterapkan disini dikatakan efektif karena dalam kegiatan dan tugas yang di amanahkan kepada anak asuh berhasil dikerjakan dengan baik dan tidak pernah sekali pun anak asuh lalai akan tugas dan peraturan yang diberikan, anak- anak lebih amanah, tidak pernah berbohong senantiasa berkata apa adanya, jujur dalam ucapan dan tindakan. Ketiga Faktor pendukung yaitu adanya dukungan dari pengasuh, masyarakat dan sekolah, Faktor penghambat yaitu pengasuh tidak bisa mengecek anak itu disetiap waktu karena keterbatasan mereka sehingga sulit bagi pengasuh untuk memantau kejujuran anak asuh ketika diluar lingkungan Panti Asuhan, karena banyaknya teman anak asuh dari luar Panti Asuhan sehinga mempengaruhi apa yang telah diajarkan oleh pengasuh terhadap anak asuh tersebut. Kata Kunci: Sistem pengasuhan anak, Karakter jujur, Panti Asuhan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Arsillah, Wanda ArumUNSPECIFIED
Sugiatno, SugiatnoUNSPECIFIED
Rini, RiniUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 13 Mar 2023 05:07
Last Modified: 13 Mar 2023 05:07
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3260

Actions (login required)

View Item View Item