Kemampuan Membaca Siswa Kelas III Sekolah Dasar Di Kabupaten Lebong

Dahlia, Sinta Mega and Botifar, Maria and Putra, Muksal Mina (2022) Kemampuan Membaca Siswa Kelas III Sekolah Dasar Di Kabupaten Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Sinta Mega Dahlia (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini membahas tentang Kemampuan Membaca Siswa Kelas III Sekolah Dasar Di Kabupaten Lebong. Penelitian ini memfokuskan pada tiga pokok pembahasan yaitu bagaimana kemampuan membaca siswa kelas III menggunakan tes EGRA yang ada di Kabupaten Lebong, bagaimana kesulitan-kesulitan dalam membaca kelas III Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Lebong dan bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat yang terjadi di kelas III Sekolah Dasar di Kabupaten Lebong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang melalui hasil tes EGRA dan data sekunder yaitu melalui hasil observasi, wawancara dan data dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes EGRA, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman tes, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Untuk menjadi keabsahan data digunakan uji keradibilitas dengan triangulasi teknik dan sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, kemampuan membaca siswa kelas III Sekolah Dasar di Kabupaten Lebong yang masih terbilang rendah. Adapun Hasil kemampuan membaca menggunakan tes EGRA Sekolah Dasar Di Kabupaten Lebong yang memperoleh kemampuan membaca dengan kategori tertinggi yaitu 64% yaitu SDN 25 Lebong, kemudian yang memperoleh kemampuan membaca dengan kategori sedang yaitu 40% SDN 79 Lebong dan yang memperoleh kemampuan membaca dengan kategori rendah yaitu 40 % SDN 02 Lebong. Kesulitan yang masih sering di hadapi siswa yaitu siswa belum mampu membaca huruf vokal, vokal rangkap dan konsonan rangkap, belum mampu membaca kalimat, belum bisa mengeja, cepat lupa kata yang telah dieja, belum mampu membaca dengan tuntas. Faktor pendukung kemampuan membaca yaitu motivasi belajar siswa, minat membaca siswa, dan Kematangan sosial, emosi,dan penyesuaian diri. Faktor penghambat kemampuan membaca awal yaitu faktor fisiologis, kurangnya media dan metode pembelajaran dan faktor lingkungan. Kata Kunci : Kemampuan Membaca, Tes EGRA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Dahlia, Sinta MegaUNSPECIFIED
Botifar, Mariamaria.botifar@yahoo.co.id
Putra, Muksal MinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 13 Mar 2023 05:07
Last Modified: 13 Mar 2023 05:07
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3251

Actions (login required)

View Item View Item