Meningkatkan Kompetensi Kognitif Siswa Kelas 3 Dalam Pembelajaran Ips Sd N 97 Rejang Lebong

Widiyanti, Handayu (2019) Meningkatkan Kompetensi Kognitif Siswa Kelas 3 Dalam Pembelajaran Ips Sd N 97 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
HANDAYU.pdf

Download (7MB)

Abstract

pandangan hidup bangsa yang berfungsi sebagai filsafat pendidikan. Media pembelajaran dapat menigkatkan proses pembelajaran, mengajar akan lebih menrik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar sehingga membuat pemahaman siswa dalam proses pembelajaran. Siswa cenderung senang bermain daripada belajar, guru dominan dalam menyampaikan materi dengan mengunakan metode ceramah. Guru mengunakan metode ceramah untuk mengejar target materi pembelajaran yang disampaikan, sehingga kedudukan siswa hanya sebagai penerima pembelajaran.Untuk itu penelitian menerapkan media Kantong Doraemon yang bertujuan untuk menigkatkan kopetensi kognitif siswa dikelas III SD N 97 Rejang Lebong. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas III SD N 97 Rejang Lebong, yang dilaksanakan pada Semester Ganjil tahun 2019 – 2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, tes dan dokumentasi yang dilakukan langsung dilapangan. Adapun teknik analisis data yang digunakan analisi data kognitif siswa, dan data observasi guru dan siswa. Hasil penelitian menujukan hasil kognitif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas III SD N 97 Rejang Lebong Kecamatan Curup Timur, dapat menigkatkan kompetensi kognitif siswa yang dibuktikan dengan hasil belajar siswa sebelum mengunakan siklus dengan rata-rata 44,33 ketuntasan belajar dengan presentase 13, 33%, siklus I yaitu dengan rata-rata nilai 65 dan dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 53, 33% kemudian terjadi penigkatan pada siklus II dengan rata-rata nilai 77 dengan presentase ketuntasan belajar 86, 67%. Penigkatan aktifitas belajar siswa terlihat pada siklus I dengan skor rata-rata sebesar 24 dalam kriteria cukup, pada siklus II dengan skor rata-rata 25,5 dalam kriteria cukup. Keberhasilan media Kantong Doraemon karena sesuai degan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran yang dapat dilihat dari penerapan dan dimana siklus I dan II dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pelaksanaan setiap siklus yang dilakukan oleh peneliti telah diaksanakan dengan semaksimal mungkin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Widiyanti, HandayuUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerSusilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
ReviewerZulaiha, SitiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Kantong Doraemon; Kopetensi Kognitif
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:20
Last Modified: 25 Oct 2019 04:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/325

Actions (login required)

View Item View Item