Keteladadan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak AL-Karimah di MTS Nurul Fatah Kepala Curup

Lestari, Siska and Sugiatno, Sugiatno and Rini, Rini (2021) Keteladadan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak AL-Karimah di MTS Nurul Fatah Kepala Curup. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Siska Lestari (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Siswa adalah individu yang bersosialisasi kepada lingkungan. Lingkungan yang mendukung akan memberikan dampak yang baik, tapi sebalikya lingkungan yang tidak mendukung akan membuat siswa menjadi berprilaku nakal, maka dari itu siswa itu perlu adanya keteladanan seorang guru untuk membuat di amenjadi baik. Dan terhindar dari lingkugan yang dapat berprilaku negatif. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui akhalak siswa MTS Nurul Fatah Kepela Curup, 2) Mengetahui Keteladanan guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Akhlaq al-Karimah di MTS Nurul Fatah Kepala Curup, 3) Mengetahui hasil akhlak siswa MTS Nurul Fatah melalui keteladanan yang ditunjukan oleh guru Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru agama, guru mata pelajaran, staf dan siswa. Data diperoleh dengan cara, wawancara, documentasi, dan observasi. Data dianalisa data dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang diperoleh akhlak siswa berbeda-beda ada yang baik dan ada yang kurang baik, akhlak siswa yang baik rajin sholat, sopandan mematuhi tata tertib sekolah. Aklak siswa yang kurang baik, tidak sopan, tidak rajin sholat suka berkelahi dan rebut di kelas. adapun akhlak siswa menurut konsep akhlak al-karimah ada empat konsep yaitu akhlak kepada Allah, diri sendiri, lingkunga, orang tua dan masyarakat perlu adanya bimbingan arahan dan keteladadan dikarenakan siswa belum bisa menerapkan nya secara baik. metode keteladanan guru yang digunakan adalah pembiasaan, metode targhib dan tarhib. Perubahan akhlak siswa melalui keteladanan yang di tunjukkan oleh guru pendididikan agama islam membawah perubahan akhlak bagi siswa hal tersebut dapat dilihat dari siswa yang tadinya suka berbicara kasar kini menjadi sopan, siswa yang tidak rajin sholat kini menjadi rajin siswa yang suka berkelahi kini sudah tidak berkelahi lagi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Lestari, SiskaUNSPECIFIED
Sugiatno, SugiatnoUNSPECIFIED
Rini, RiniUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 13 Mar 2023 05:07
Last Modified: 13 Mar 2023 05:07
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3249

Actions (login required)

View Item View Item