Keefektifan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Construct 2 di SMPN 07 Rejang Lebong

Oktapiyani, Lia and Sagiman, Sagiman and Septiana, Anisya (2023) Keefektifan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Construct 2 di SMPN 07 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Lia Oktapiyani. 2023. Keefektifan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Construct 2 di SMPN 07 Rejang Lebong. Skripsi, Program studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Curup. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SMPN 07 Rejang Lebong diketahui dalam pembelajaran matematika guru kurang optimal dalam memanfatkan media pembelajaran dimana masih menggukaan buku dan LKS dalam pembelajaran matematika oleh guru belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar, proses, dan respon siswa, serta keefektifan pembelajaran matematika setelah penerapan Game Aljabar (GAMBAR). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian yaitu pre eksperimental - the one shot case study. Teknik pengambilan sampel adalah Sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 38 siswa. Instrumen yang digunakan lembar tes, lembar angket, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang diguanakan adalah uji t satu sampel dengan uji satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Rata-rata prestasi belajar matematika siswa sebesar 83.029, berada pada kategori sedang dan siswa yang mencapai KKM (70) secara klasikal berada pada kategori sangat baik. 2) Proses pembelajaran matematika dapat dilihat dari rataan persentase keterlaksanaan pembelajaran yaitu 86% dengan kategori sangat baik, sedangkan rataaan persentase aktivitas siswa untuk setiap aspek yang diamati sudah mencapai kategori baik sebesar 80,75%. 3) Angket respon siswa terhadap Game Aljabar (GAMBAR) positif yaitu 84%. 4) Hasil analisis inferensial penerapan Game Aljabar (GAMBAR) menunjukan bahwa hasil siswa lebih dari nilai KKM atau H_1 diterima. Berdasarkan temuan penelitian disimpulkan bahwa Game Aljabar (GAMBAR) efektif terhadap pembelajaran matematika materi bentuk aljabar pada siswa kelas VII SMPN 07 Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Oktapiyani, Lialiaoktapiyani156@gamail.com
Sagiman, Sagimansagiman@iaincurup.ac.id
Septiana, Anisyaanisyaseptiana@iaincurup.ac.id
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:11
Last Modified: 14 Mar 2023 03:11
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3248

Actions (login required)

View Item View Item