Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pasca Pandemi di MIN 01 Rejang Lebong

Septiansyah, Richo and Baryanto, Baryanto and Arbani, Wiwin (2023) Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pasca Pandemi di MIN 01 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
RICHO SEPTIANSYAH (18531171).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: penerapan media pembelajaran, Inovasi Media Pembelajaraan Pendidikan Agama Islam Pasca Pandemi Covid-19 di MIN 01 Rejang Lebong dan faktor penghambat dan pendukung dalam menerapkan media pembelajaran. Dimana proses pembelajaran memerlukan inovasi media. Dimana selama ini mereka terbiasa belajar daring selama pandemi dengan media pembelajaran. Setelah pembelajaran tatap muka maka guru melakukan inovasi media pembelajaran. Inovasi tersebut tentunya bertujuan untuk melihat sejauh mana peran media itu sendiri digunakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan sumber data yaitu kepala sekolah, guru fiqih dan siswa-siswi kelas II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan Triangulasi Data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Media Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pasca Pandemi Covid-19 di MIN 01 Reajang Lebong yaitu sebagai berikut: Media pembelajaran Audio kelas rendah guru biasa mengggunakan audio bahkan paling sering digunakan guru menggunakan suara rekaman. Kedua, Media pembelajaran Visual menggunakan visual berbentuk Foto LKS, dan foto copy materi. Ketiga, Media pembelajaran audio visual berupa video atau channel You Tube disampaikan lewat media OHP 2) Inovasi media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MIN 01 Rejang Lebong berupa belajar dan tes dengan berbasis android dengan meminta anak-anak untuk membawa android pada hari tertentu agar bisa mengikuti ujian berbasis android dan beberapa video animasi yang menarik sesuai dengan amteri pembelajaran fiqih 3) Faktor Penghambat dan faktor pendukung dalam inovasi Pendidikan Agama Islam Pasca Pandemi Covid-19 di MIN 01 Reajang Lebong yaitu faktor penghambat: Kurang memadainya perlengkapan pembelajaran (sarana), tidak mengetaui kemamuan anaknya secara pasti. Adapun faktor pendukungnya adalah waktu yang dibutuhkan untuk media sangat optimal, selama jam pelajaran berlangsung media ini dapat digunakan dengan kurun waktu yang tak terbatas. Kata Kunci: Inovasi,Media Pembelajaran, pendidikan agama islam, fiqih

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Septiansyah, Richoricocurup8@gmail.com
Baryanto, Baryantobaryanto@iaincurup.ac.id
Arbani, Wiwinwiwinarbaniw@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:30
Last Modified: 13 Mar 2023 03:30
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3243

Actions (login required)

View Item View Item