Penerapan Metode Talqin Dengan Menggunakan Media Audio Dalam Program Tahfidz Al-Qur'an Siswa SMPIT Rabbi Radhiya Curup

Candra Wiwin, Candra and Sutarto, Sutarto and Rifanto Bin Ridwan, Ridwan (2023) Penerapan Metode Talqin Dengan Menggunakan Media Audio Dalam Program Tahfidz Al-Qur'an Siswa SMPIT Rabbi Radhiya Curup. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
TESIS WIWIN CANDRA (20871035).pdf

Download (3MB)

Abstract

Nama. Wiwin Candra, NIM 20871035, Penerapan Metode Talqin Dengan Menggunakan Media Audio Dalam Program Tahfidz Al-Qur’an Siswa SMPIT Rabbi Radhiyya Curup, Tesis, Program Pascasarjana IAIN Curup, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) 2022 105 halaman Pendidikan di era modern ini telah berkembang dengan beragam bentuk dan metode yang ditawarkan. Salah satunya menggunakan media sebagai upaya meningkatkan motivasi peserta didik untuk semangat, dan memungkinkan adanya interaksi dan partisipasi aktif dari peserta didik untuk belajar Al-Qur’an secara efektif. Sebagaimana di SMPIT Rabbi Radhiyya Curup sudah menerapkan metode talqin menggunakan media audio dalam program tahfidz Al-Qur’an. Penelitian ini mengunakan kualitatif deskriptif dengan metode pendekatan case study. Data yang dikumpulkan terkait dengan penerapan metode talqin dengan menggunakan media audio dalam program tahfidz Al-Qur’an siswa SMPIT Rabbi Radhiyya Curup melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Triangulasi data mengunakan triangulasi sumber Artinya, membandingkan atau menegaskan kembali tingkat keandalaman informasi dari berbagai sumber. Yaitu, dokumentasi, observasi dan wawancara dengan guru tahfidz Al-Qur’an SMPIT Rabbi Radhiyya Curup Hasil penelitian mengungkapkan penerapan metode talqin menggunakan media audio dalam pembelajaran program tahfidz Al-Qur’an pada siswa kelas IX SMPIT Rabbi Radhiyya Curup yaitu menggunakan media audio MP3 Qur’an yang diputar dengan speaker bluetooth. Penerapannya guru mengondisikan kelas terlebih dahulu, membuka pembelajaran dengan salam, menanyakan kabar dan memuraja’ah hafalan sebelumnya dan memperdengarkan surat atau ayat yang akan dihafalkan terlebih dahulu dengan memutarkan audio MP3 Qur’an kepada peserta didik, peserta didik menirukan, lalu menyetorkan hafalannya kepada guru/ustadznya. Adapun dampaknya terhadap kualitas hafalan siswa di SMPIT Rabbi Radhiyya Curup sudah baik dan sudah bisa memahami tajwidnya. Hanya sebagian kecil yang belum menyelesaikan hafalannya dengan baik dan benar. Sedangkan kuantitas hafalannya setelah menerapkan metode talqin menggunakan media audio sangat memuaskan dan hampir semuanya mencapai target, hanya saja ada beberapa siswa belum mampu menyelesaikan hafalannya sesuai yang ditargetkan. Kata Kunci: Tahfidz Al-qur’an, Media Audio, Penerapan Metode Talqin

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Candra Wiwin, Candrawiwincandra97@gmail.com
Sutarto, SutartoSutarto@iaincurup.ac.id
Rifanto Bin Ridwan, Ridwangubug@gamil.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:31
Last Modified: 13 Mar 2023 07:31
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3241

Actions (login required)

View Item View Item