Zuraini, Okta (2019) Hadap Kemampuan Menghafal Al-Quran Di Kelas Tahfiz Sekolah Dasar Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup ( Sdua Thc ). Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
OKTA.pdf Download (6MB) |
Abstract
Banyak siswa di SDUA THC tersebut yang mengalami kejenuhan dalam menghafal dan kesulitan dalam mengingat kembali hafalannya dikarena banyak faktor salah satunya adalah ketika proses pembelajaran banyak siswa yang kurang tertarik dengan cara pembelajaran yang digunakan oleh wali kelasnya.penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut:1)bagaimana kemampuan menghafal Al-Quran siswa SDUA sebelum menggunakan model pembelajaran Index Card Match. 2)bagaiman kemampuan menghafal Al-Quran siswa SDUA setelah menggunaka model pem belajaran Indeks Card Match. 3) apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Indeks Card Match. Model pembelajaran Indeks Card Match ini berhubungan dengan cara-cara untuk mengingat kembali apa yang telah mereka pelajari dan menguji pengetahuan serta kemampuan mereka saat ini dengan teknik mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban atau soal sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental (eksperimen semu).dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah kelas III ARRazzak dan Al-Fattah .pada penelitian eksperimen ini kelas Al-Fattah merupakan kelas Eskperimen ( ) yang akan diberikan tretment berupa penggunaan model pembelajaran Indeks Card Match pada pembelajaran Tahfizul Quran, sedangkan kelas Ar-Razzak merupakan kelas Control( ) yang akan diberikan pembelajaran dengan media yang dimiliki guru yaitu Kittabah. Instrumen yang digunakan adalah tes lisan hasil kemampuan mengafal Al-Quran siswa SDUA THC. Temuan hasil penelitian ini adalah pengaruh penggunaan model pembelajaran Indeks Card Match terhadap kemampuan menghafal kelas tahfiz diSDUA THC. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t- diperoleh nilai yaitu 6,537 sedangkan ttabel dengan df = ( n1+ n2 ) – nr = ( 28+ 28) -2 = 54 adalah sebesar 0,679 dengan taraf signifikasi 0,05% .selain itu dilihat dari hitungan post test kelas ekperimen yang menggunakan model pembelajaran Indeks Card Match memperoleh nilai rata-rata 24 sedangkan kelas Control yang tidak menggunaka model pembelajaran Indeks Card Match memperoleh nilai rata-rata 17. Jadi dari penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Indeks Card Match berpengaruh terhadap kemampuan menghafal kelas Tahfiz SDUA THC.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Indeks Card Match; Kemampuan Menghafal Al-Quran | |||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Users 4 not found. | |||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2019 04:20 | |||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2019 04:20 | |||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/324 |
Actions (login required)
View Item |