Efektivitas Implementasi Restrukturisasi Bagi Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (Kur) Akibat Covid-19 (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Outlet Kepahiang)

Islamiati, Mia and Hendrianto, Hendrianto and Ilhamiwati, Mega (2023) Efektivitas Implementasi Restrukturisasi Bagi Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (Kur) Akibat Covid-19 (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Outlet Kepahiang). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi restrukturisasi pembiayaan KUR yang diterapkan BSI Kepahiang akibat Covid-19. Penelitian ini juga bertujuan mengetahui efektivitas implementasi restrukturisasi yang dilakukan Bank dalam menghadapi kredit bermasalah di pembiayaan KUR akibat Covid-19 di BSI Outlet Kepahiang. Adanya Covid-19 berdampak bagi perekonomian dunia, tak terkecuali BSI Kepahiang. BSI Kepahiang turut melaksanakan restrukturisasi sesuai dengan POJK bagi nasabah yang usahanya terdampak Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, menggunakan tekhnik pengumpulan data melalui Obeservasi, Wawancara, dan Dokumentasi, tempat penelitian di BSI Outlet Kepahiang. Implementasi restrukturisasi yaitu diawali dengan pihak bank melihat kondisi nasabah kredit macet, sampai akan adanya kesepakan atau mengisi perjanjian bersamah antara pihak bank dengan nasabah. Efektifitas implementasi restrukturisasi KUR akibat Covid-19 ini di ukur dengan 5 pendekatan yaitu (1) eksperimental disini bentuk restrukturisasi yang di pakai BSI Kepahiang itu Cuma persyaratan kembali,(2) responsif nasabah terhadap retrukturisasi sangat menolong nasabah yang mengalami dampak Covid-19,(3) keputusan disini nasabah berhak memilih bentuk retrukturisasi sesuai kemampuan nasabah,(4) tujuan disini BSI Kepahiang berhasil mempertahankan agar tidak terjadi kredit macet yang berlebihan dibuktikan dengan data NPF BSI Outlet Kepahiang telah mengalami penurunan dari 7,0% menurun menjadi 6,8% ,(5) keberhasilan disini BSI Kepahiang berhasil mengurangi nasabah macet dan juga disini nasabah tidak merasa dirugikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Islamiati, Miaaimislamiati@gmail.com
Hendrianto, Hendriantohendrianto@iaincurup.ac.id
Ilhamiwati, Megamega83.teyze@gmail.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 14 Mar 2023 04:10
Last Modified: 14 Mar 2023 04:10
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3239

Actions (login required)

View Item View Item