Analisis Kesulitan Membaca Al Qur'an Peserta Didik kelas Rendah Di SD negeri 120 Rejang Lebong

Mustolih, Mustolih and Purnama Sari, Dewi and Warlizasusi, Jumira (2022) Analisis Kesulitan Membaca Al Qur'an Peserta Didik kelas Rendah Di SD negeri 120 Rejang Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Analisis Kesulitan Membaca Al Qur'an Peserta Didik Kelas Rendah di SD Negeri 120 Rejang Lebong.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Mustolih, NIM.19871018, Analisis Kesulitan Membaca al-Quran Peserta Didik Kelas Rendah di SD Negeri 120 Rejang Lebong. Tesis, Program Pascasarjana IAIN Curup, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), 2023. al-Quran merupakan wahyu yang diturunkan Allah SWT sebagai petunjuk bagi manusia dalam menjalankan kehidupan dimuka bumi, yang dengannya manusia dapat membedakan kebaikan dan keburukan, kebenaran dan kedzaliman, agar manusia tidak tersesat pada kehidupan yang merugikan manusia itu sendiri oleh karenanya wajib dipelajari. Pembelajaran membaca al-Quran merupakan bagian dari upaya mewujudkan visi SD Negeri 120 Rejang Lebong yaitu mewujudkan generasi beriman, cerdas, terampil mandiri dan berakhlak mulia. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan siswa dalam membaca al-Quran pada peserta didik kelas rendah di SD Negeri 120 Rejang Lebong, serta mencari solusi untuk mengatasi kesulitan tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif Penelitian kualitatif adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Pendekatan kualitatif dipilih, dikarenakan obyek yang akan diteliti berlangsung dalam latar yang wajar dan bertujuan untuk mengetahui, memahami, dan menghayati dengan seksama dan secara lebih mendalam tentang kesulitan membaca al-Quran di SD Negeri 120 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini akan menggunakan rancangan studi kasus, yaitu menganalisis materi pembelajaran Al Quran di kelas rendah, kesulitan yang dihadapi siswa dalam membaca al-Quran, serta metode belajar membaca al-Quran untuk dijadikan solusi sesuai dengan kesulitan yang dihadapi dan harapan yang diinginkan siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peserta didik SD Negeri 120 Rejang Lebong mengalami kesulitan dalam membaca Al qur’an antara lain: materi membaca al-Quran di kelas rendah terdiri dari: 1) membaca huruf hijaiyah dan harkatnya, membaca huruf bersambung, dan membaca huruf mad dan huruf lain, 2) kesulitan dalam pengenalan huruf baik berdiri sendiri maupun huruf bersambung, kesulitan membaca huruf sesuai makhraj dan kesulitan membaca panjang pendek dan huruf lain. Solusi yang pembelajaran membaca menggunakan metode yang mudah dipelajari peserta didik, yaitu dengan metode iqra dengan teknik talqin serta reading aloud yang dikemas dalam pembelajaran yang menyenangkan sambil bermain.. Kata Kunci: Kesulitan, Membaca, al-Quran

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Mustolih, Mustolihmustolihtansasa@gmail.com
Purnama Sari, Dewifatiya.dewi@gmail.com
Warlizasusi, Jumirajumira.ifnaldi@gmail.com
Contributors:
ContributionNameEmail
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kesulitan, Membaca, al-Quran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:20
Last Modified: 13 Mar 2023 04:34
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3237

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item