Pengembangan Pengelolaan Perangkat Pembelajaran Praktik Berbasis Lingkungan Dalam Penunjang Pembelajaran Kimia di MAN 2 Lahat

Eristiana, Eristiana and Warlizasusi, Jumira and Sutarto, Sutarto (2023) Pengembangan Pengelolaan Perangkat Pembelajaran Praktik Berbasis Lingkungan Dalam Penunjang Pembelajaran Kimia di MAN 2 Lahat. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
TESIS ERISTIANA (NIM.20861007).pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran Kimia MAN 2 Lahat menggunakan kurikulum 13 dengan kompetensi inti 4 (KI-4) berupa keterampilan yang harus di kembangkan menjadi kendala karena keterbatasan sarana dan prasarana dilaboratorium IPA. Setiap daerah berupaya mencapai kemajuan dibidang pendidikan dengan proses pembelajaran yang dijalankan dengan sebagaimana mestinya. Proses pembelajaran akan terjadi jika tujuan yang akan dicapai terpenuhi sebanding dengan kompetensi, propesional, motivasi, kreativitas dan produktivitas tenaga kependidikannya. Pengembangan perangkat pebelajaran praktikum kimia berbasis lingkungan di MAN 2 Lahat bertujuan untuk menunjang pembelajaran praktikum kimia dapat terlaksana dengan baik sebagai solusi pembelajaran praktikum kimia yang selama ini tidak dapat dilaksanakan secara maksimal dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana. Penelitian Pengembangan pengelolaan perangkat pembelajaran praktikum kimia berbasis lingkungan di MAN 2 Lahat menghasilkan perangkat pembelajaran praktikum berbasis lingkungan terdiri dari 1 materi pengenalan laboratorium kimia dan pengenalan keselamatan laboratorium dan 4 materi praktikum kimia berbasis lingkungan. Dalam pengelolaan perangkat pembelajaran praktikum didesain dengan membuat petunjuk pratikum memuat judul, kompentensi dasar, tujuan, dasar teori alat dan bahan, prosedur kerja hasil pengamatan dan soal pertanyaan. Pada pembelajaran pratikum berbasis lingkungan menggunakan alat dan bahan yang tersedia di sekitar lingkungan merupakan solusi pembelajaran yang efisien dan efektif. Penelitian ini dengan menggunakan model 3-D; define (pendefinisian) dengan melakukan analisis terhadap siswa, guru dan materi. Design (Perencanaan) dengan membuat rancangan produk dan develop (pengembangan) mendapatkan nilai kelayakan perangkat pembelajaran praktikum dengan melakukan uji validasi dan partikalitas. Hasil validasi 3 orang ahli mencapai skor 3,9 yang di katagorikan sangat valid. Uji pratikalitas dilakukan dengan melaksanakan pratikum di MAN 2 Lahat kepada siswa kelas X MIA, X IIS dan X IIK siswa menggunakan perangkat dengan metode pratikum berbasis lingkungan, siswa melaksanakan dengan antusias, semangat, dan penuh rasa bertanggung jawab. dan uji pratikalitas perangkat pembelajaran berbasis lingkungan mencapai persentase keterlaksanaan 96,67 % sangat praktis. Kata Kunci : Pengembangan, Pengelolaan, Perangkat Pembelajaran Praktik

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Eristiana, Eristianaeristiana090@gmail.com
Warlizasusi, Jumirajumira.ifnaldi@gmail.com
Sutarto, Sutartosoetartoo74@gmail.com
Subjects: L Education
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:51
Last Modified: 14 Mar 2023 03:51
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3233

Actions (login required)

View Item View Item