Metode Guru Dalam Membina Siswa Kelas IV Yang Berperilaku Hiperaktif di SDN 97 Rejang Lebong

Chelsia, Chenny and Susilawati, Susilawati and Sahib, Abdul (2021) Metode Guru Dalam Membina Siswa Kelas IV Yang Berperilaku Hiperaktif di SDN 97 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
METODE GURU DALAM MEMBINA SISWA KELAS IV YANG BERPERILAKU HIPERAKTIF DI SDN 97 REJANG LEBONG.pdf

Download (2MB)

Abstract

Siswa hiperaktif lebih cenderung terlihat lebih aktif didalam kelas di bandingkan dengan siswa lainnya, selalu mengganggu teman yang lain, tidak mau untuk saling bekerja sama. Oleh karena itu guru harus mempunyai teknik pengajaran yang tepat dalam rangka menyajikan dan menetapkan bahan pembelajaran agar tercipta tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan agar untuk mengetahui perilaku anak ketika berada didalam serta diluar kelas, kemudian teknik apa yang digunakan guru dalam menangani anak hiperaktif dikelas IV SDN 97 Rejang Lebong, serta kendala apa saja yang dialami guru serta solusi yang digunakan dalam menangani anak hiperaktif dikelas IV SDN 97 Rejang Lebong. Peneliti menggunakan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah study kasus kemudian pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan penelitian adalah sebagai berikut :(1). Perilaku anak hiperaktif sangat mengganggu teman yang lain maupun proses ngajar mengajar, akan tidak bisa diam dalam waktu yang lama, suka asik dengan kegiatannya sendiri dan keluar masuk kelas saat pembelajaran sedang berlangsung. (2) teknik yang dugunakan guru dalam menangani anak hiperaktif di SDN 97 Rejang Lebong ada beberapa macam yakni : menempatkan posisi duduk anak yaitu didepan sendiri, menghindari menempatkan anak yamg hiperaktif didekat jendela, tidak memberikan hukuman yang terlalu berat, melakukan perjanjian diawal proses pembelajaran dan yang terakhir yakni melakukan kontak fisik dengan anak tersebut (3) kendala guru dan solusi dalam menangani anak hiperaktif adalah tingkat perbedaan dengan siswa yang lainnya, sehingga guru harus lebih sabra, harus bisa mengatur kondisi kelas senyaman mungkin, serta melakukan bimbingan dan pelayanan dalam menangani anak hiperaktif tersebut. Kata kunci : Pembinaan Guru,Metode Pembelajaran,Anak hiperaktif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Chelsia, Chennychennycelsia@gmail.com
Susilawati, Susilawatisusilawati@iaincurup.ac.id
Sahib, Abdulabdulsahib@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 13 Mar 2023 08:36
Last Modified: 13 Mar 2023 08:36
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3228

Actions (login required)

View Item View Item