Perbedaan Pendekatan Metakognitif Berbasis Softskills Dan Pendekatan Metakognitif Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Self Regulation Siswa Kelas VIII Smpit Khoiru Ummah

Pertiwi, Annisa Bunga and Putri, Dini Palupi and Septiana, Anisya (2023) Perbedaan Pendekatan Metakognitif Berbasis Softskills Dan Pendekatan Metakognitif Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Self Regulation Siswa Kelas VIII Smpit Khoiru Ummah. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
skripsi - Annisa Bunga Pertiwi repository.pdf

Download (807kB)

Abstract

Annisa Bunga Pertiwi, 2023. Perbedaan Pendekatan Metakognitif Berbasis Softskills Dan Pendekatan Metakognitif Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Self Regulation Siswa Kelas VIII SMPIT Khoiru Ummah. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Curup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Perbedaan Pendekatan Metakognitif Berbasis Softskills Dan Pendekatan Metakognitif Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Self Regulation Siswa Kelas VIII SMPIT Khoiru Ummah Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperiment. Desain yang digunakan yaitu Posttest-only control design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPIT Khoiru Ummah. Penelitian menggunakan 2 kelas, kelas eksperimen 1 yaitu VIII Zainab dan eksperimen 2 yaitu VIII Salma. Dari hasil uji t kemampuan berpikir kreatif matematis diketahui bahwa thitung = 2,828 dan ttabel = 2,032 dengan thitung > ttabel sehingga Ha diterima. Sedangkan untuk Self Regulation hasil penelitian Uji t diperoleh bahwa thitung = 1,2703 dan ttabel = 2,032 dengan thitung < ttabel sehingga Ho diterima. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan pendekatan metakognitif berbasis softskills dan pendekatan metakognitif sedangkan untuk self regulation tidak ada perbedaan diantara kedua kelas baik yang diajar dengan pendekatan metakognitif berbasis softskills maupun yang diajar dengan pendekatan metakognitif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan pendekatan metakognitif berbasis softskills dapat memberikan hasil yang lebih baik daripada pendekatan metakognitif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Pertiwi, Annisa Bungaannisaeffendi3@gmail.com
Putri, Dini Palupidinigusnadi@gmail.com
Septiana, Anisyaanisyaseptiana@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:47
Last Modified: 13 Mar 2023 07:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3225

Actions (login required)

View Item View Item