Upaya Orangtua Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Keluarga Pada Anak Usia 7-12 Tahun (Studi Fenomenologi Anak Putus Sekolah Didesa Rekimai Jaya).

Salihin, Rahmad and Fakhruddin, Fakhruddin and Sutarto, Sutarto (2023) Upaya Orangtua Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Keluarga Pada Anak Usia 7-12 Tahun (Studi Fenomenologi Anak Putus Sekolah Didesa Rekimai Jaya). Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
TESIS LENGKAP RAHMAD (2).pdf

Download (9MB)

Abstract

Upaya orang tua untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada anak usia 7 sampai 12 tahun sangat penting dilakukan oleh semua orang tua, terutama yang putus sekolah. Berbagai upaya dilakukan oleh orang tua yang berbeda untuk menanamkan nilai pendidikan Islam pada anak-anak mereka yang berusia 7 hingga 12 tahun (Studi Fenomenologi anak Putus Sekolah Desa Rekimai Jaya). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya orang tua menanamkan nilai pendidikan agama Islam pada anak usia 7 sampai 12 tahun (studi Fenomenologi anak putus sekolah di Desa Rekimai Jaya), dalam aspek faktor-faktornya, nilai pendidikan Islam, dan upaya penanaman nilai-nilai pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Informan penelitian ini adalah orang tua anak yang mengalami putus sekolah, anak putus sekolah, pemerintah desa dan perangkat agama desa Rekimai Jaya. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber serta teknik. dan teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu data collection (Pengumpulan data), data reduction (Reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion/ verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi anak putus sekolah antara lain: kurangnya minat belajar, pendidikan orang tua yang rendah, kemampuan ekonomi yang rendah, kurangnya perhatian orang tua, lingkungan masyarakat dengan banyak anak putus sekolah, kurangnya pemahaman orang tua tentang pendidikan dan social lingkungan. Sedangkan nilai-nilai pendidikan Islam yang diajarkan berupa nilai Aqidah, nilai ibadah dan nilai Akhlak (Moral). Upaya orang tua dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam adalah melalui pembiasaan, pemberian motivasi dan transmisi ke TPA, serta pembinaan untuk mengikuti pengajian di masjid maupun di rumah. Padahal, salah satu upaya yang sering ditekankan oleh orang tua adalah membiasakan anak-anaknya, yang dilakukan setiap hari di rumah.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Salihin, Rahmadbklrahmat5@gmail.com
Fakhruddin, Fakhruddinfakhruddin@iaincurup.ac
Sutarto, Sutartosutarto@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:41
Last Modified: 13 Mar 2023 07:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3216

Actions (login required)

View Item View Item