Implementasi Ice Breaking Gym Dalam Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas III SDN 91 Rejang Lebong

Randi, Randi and Arbani, Wiwin and Septiana, Anisya (2022) Implementasi Ice Breaking Gym Dalam Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas III SDN 91 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Lengkap Randi (18591108)(1).pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus untuk menelitiimplementasi Ice Breaking dalam meningkatkan kesiapan belajar siswa pada mata pembelajaran matematika di SD Negeri 91 Rejang Lebong dengan penerapan Ice BreakingGym sebagai salah satu srategi pembelajaaran. Penelitian ini secara spesifik bertujuan sebagai berikut:1).Mengetahui penerapan Ice Breaking Gym dalam proses pembelajaran matematika dengan menerapkan metode Ice Breaking Gym?.2)Mengetahui kesiapan belajar matematika dengan menerapkan metode Ice Breaking Gym pada peserta didik kelas III di SDN 91 Rejang Lebong.3)Mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan Ice Breaking Gym di SDN 91 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah orang-orang yang berperan langsung dalam proses pembelajaran di SDN 91 Rejang Lebong. Objek penelitian ini adalah guru dan perserta didik. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif.Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dari penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan (1) Ice Breaking Gym dapat membantu siswa membangun kesiapan belajar siswa di SDN 91 Rejang Lebong dengan adanya kesiapan belajar terhadap suatu obyek atau aktivitas maka, akan mendorong seseorang untuk lebih mencurahkan perhatiannya pada obyek tersebut (2) Ice Breaking Gymdapat membuat siswa siap untuk memulai pembelajaran dengan semangat dan cepat masuk ke otak mereka karena mereka tidak merasa bosan saat belajar(3)penghambat dari pelaksanaan Ice breaking Gym yaitu tidak sesuai dengan kondisi saat pembelajaran berlangsung atau tidak tepat saat melakukan Ice breking dengan model ice Breaking itu, dan pendukung siswa lebih siap belajar dari sebelum menggunakan ice breaking. Kata kunci: Implementasi, Ice Breaking, Kesiapan belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Randi, Randirandyrizkyvarezy@gmail.com
Arbani, Wiwinwiwinarbaniw@iaincurup.ac.id
Septiana, Anisyaanisyaseptiana@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:04
Last Modified: 10 Mar 2023 08:04
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3209

Actions (login required)

View Item View Item