Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Di Kelas VII SMP N 06 Rejang Lebong

Mulyani, Siti and Sagiman, Sagiman and Syaripah, Syaripah (2023) Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Di Kelas VII SMP N 06 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Siti Mulyani 17571016 TMM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari pemahaman konsep matematis di kelas VII SMPN 06 Rejang Lebong. Adapun masalah yang terjadi pada siswa yang telah mempelajari materi bangun datar segiempat, dapat dilihat setelah pemberian test kepada siswa dengan hasil bahwa pemahaman siswa tentang pemahaman konsep matematis dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar segi empat masih sering tertukar antara jenis-jenis bangun datar satu dengan lainnya, siswa belum mampu dan kesulitan mengubah kata-kata menjadi gambar dan belum dapat menjelaskan secara rinci tentang bangun datar yang dipelajari. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam penelitian iini isubjek ipenelitian siswa kelas VIIA (23 orang) dengan teknik pengambilan subjek purposive sampling . Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah test, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data pada penelitian ini adalah data ireduction i(reduksi idata), data idisplay i(penyajian idata), conclusion idrawing/ idata iverification i(penarikan ikesimpulan). Untuk memeriksa keabsahan data, maka dilakukan triangulasi data dengan menggunakan triangulisi sumber dan metode yang diperoleh melalui wawancara serta test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa baik pada tingkatan atau level pemahaman konsep (Translasi), 2) siswa cukup baik pada tingkatan atau level pemahaman konsep (Interpretasi), 3) siswa kurang baik pada tingkatan atau level pemahaman konsep (Ekstrapolasi) karena tingkat pemahamannya lebih tinggi dibanding tingkat pemahaman konsep translasi dan interpretasi, 4) faktor penyebab siswa mengalami kesulitan yang didapat dari hasil pengerjaan lembar tes soal dan wawancara adalah siswa tidak dapat memahami materi bangun datar segiempat dengan baik dan benar, kurangnya usaha menyelesaikan permasalahan dalam soal dan kurangnya kemampuan dalam berhitung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mulyani, Sitimulyanisiti629@gmail.com
Sagiman, SagimanUNSPECIFIED
Syaripah, SyaripahUNSPECIFIED
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:14
Last Modified: 10 Mar 2023 08:14
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3208

Actions (login required)

View Item View Item