Konsep Pendidikan dalam Surat Al-Mujadalah Ayat 11 dan Relevansinya terhadap Sentra Pendidikan

Azza, Mukhamad Dani and Warsah, Idi and Taqiyuddin, M. (2019) Konsep Pendidikan dalam Surat Al-Mujadalah Ayat 11 dan Relevansinya terhadap Sentra Pendidikan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
KONSEP PENDIDIKAN DALAM SURAT AL-MUJADALAH AYAT 11 DAN RELEVANSINYATERHADAP SENTRA PENDIDIKAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jati diri serta peradaban bangsa Indonesia yang luhur tidak boleh serta merta terpengaruh oleh dampak negatif dari perkembangan zaman. Sudah saatnya bangsa ini harus mulai bangkit dan mulai membenahi diri. Bangsa ini membutuhkan bantuan dari semua pihak, dan salah satunya melalui lembaga pendidikan. Maka sudah selayaknya pemerintah mengusahakan serta menyelenggarakan suatu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Karena pada dasarnya pendidikan agama adalah unsur terpenting dalam pembangunan mental dan pendidikan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk memahami makna yang terkandung dalam Squr’an Surat Al Mujadalah Ayat 11 dan memahamii relevansi antara Surat Al-Mujadalah Ayat 11 dengan sentra pendidikan, maka masalah yang dibahas dalam skripsi ini yaitu Bagaimana gambaran makna surat Al-Mujadalah Ayat 11 dan bagaimana relevansinya antara surat Al-Mujadalah Ayat 11 terhadap sentra pendidikan. Penelitien ini merupakan jenis penelitian library research. Dalam penelitian ini menggunakan metode penafsiran tahlili yaitu metode yang menggunakan makna yang dikandung oleh Al-Qur’an, ayat demi ayat dan surah demi surah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa makna Qur’an Surat Al-Mujadilah Ayat 11 yang berkatian dengan sentra pendidikan yakni pendidikan Islam seharusnya memuat konsep nilai-nilai pendidikan akhlak atau sistem perilaku yang disampaikan melalui beberapa pendekatan, yakni; pendekatan stimulus-respone melalui proses mengkondisian peserta didik sehingga terjadi automatisasi dan dapat dilakukan dengan cara melalui latihan, melalui tanya jawab dan melalui mencontoh. Kemudian melalui pendekatan Kognitif yaitu penyampaian informasi secara teoritis yang dapat dilakukan antara lain : melalui dakwah, melalui ceramah, dan melalui diskusi. Relevansi Masjid sebagai sentra pendidikan dengan Konsep Pendidikan Islam pada Qur’an Surat Al Mujadilah Ayat 11 adalah dengan menanamkan nilai nilai saling menghormati, memuliakan, menjalin hubungan baik dengan sesama dan melapangkan hati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Azza, Mukhamad DaniUNSPECIFIED
Warsah, IdiUNSPECIFIED
Taqiyuddin, M.UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Surat Al-Mujadalah ayat 11; Konsep Pendidikan; Sentra Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Rahmat Iswanto
Date Deposited: 25 Jul 2019 04:08
Last Modified: 25 Jul 2019 05:04
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/32

Actions (login required)

View Item View Item