Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Model Cooperative Learning (Tipe Stad) Pada Siswa Kelas VII SMP Kreatif Aisyiyah Kabupaten Rejang Lebong

Fatmala, Dea and Khair, Ummul and Iskandar, Zelvi (2023) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Model Cooperative Learning (Tipe Stad) Pada Siswa Kelas VII SMP Kreatif Aisyiyah Kabupaten Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
BENERAN SKRIPSI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Kreatif Aisyiyah Kabupaten Rejang Lebong mengenai pemahaman bacaan masih sangat rendah karena nilai yang diperoleh siswa hanya mencapai batas KKM. Hal ini disebabkan kurangnya buku penunjang. media massa/media elektronik) untuk membaca daripada menggunakan buku sebagai bahan bacaan, kurangnya sosialisasi untuk menumbuhkan minat membaca buku bagi siswa SMP Kreatif Aisyiyah Rejang Lebong. Selain itu, strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran membaca masih monoton yaitu ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja model dan mengetahui peningkatan hasil belajar melalui penerapan model cooperative learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Kreatif Aisyiyah Kabupaten Rejang Lebong sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif nilai siswa masih dibawah KKM yaitu tidak memenuhi kriteria yang diinginkan. , (2) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Kreatif Aisyiyah Kabupaten Rejang Lebong mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan skor rata-rata skema dan setelah diberikan perlakuan rata-rata skor tes awal sebesar 44,88% meningkat menjadi 74,11% pada tes akhir. Kata kunci : Model Cooperative Learning, Membaca Pemahaman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Fatmala, Deafatmaladea15@gmail.com
Khair, Ummulummulkhair1213@gmail.com
Iskandar, ZelviZelvi.is89@gmail.cpm
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:41
Last Modified: 09 Mar 2023 07:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3185

Actions (login required)

View Item View Item