Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Sikap Dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Luar Biasa Negeri Lubuklinggau

Nuraliyah, Nuraliyah and Komalasari, Bakti and Indrawari, Karliana (2023) Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Sikap Dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Luar Biasa Negeri Lubuklinggau. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI NURALIYAH (19531115) PAI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pelaksanaan proses pembelajaran di Sekolah Luar Biasa Negeri Lubuklinggau yang masih dilaksanakan dengan mengutamakan perkembangan peserta didik. Pada pelaksanaannya guru menggunakan kreativitas dalam pembelajaran yang dapat berimplikasi pada sikap dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam pembelajaran, untuk mengetahui sikap dan kebiasaan belajar siswa di SLB Negeri Lubuklinggau dan untuk mengetahui hasil belajar siswa di SLB Negeri Lubuklinggau. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reaseach) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam dan orang tua siswa. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, (1) data primer, berkaitan dengan data awal. (2) data sekunder, berkaitan dengan data tambahan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penggunaan teknik analisis data di lapangan dengan Model Miles dan Huberman yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pada teknik keabsahan data dalam penelitian ini, pemeriksaan dengan melakukan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar Biasa Negeri Lubuklinggau dalam membuka pembelajaran di kelas melakukan ice breaking, menyajikan pembelajaran menggunakan media pembelajaran seperti media gambar, alat peraga (kotak sedekah), mengapresiasi karya siswa dengan dipajang di kelas, dan ketika menutup pembelajaran memberi motivasi pada peserta didik. (2) Sikap dan kebiasaan belajar siswa di Sekolah Luar Biasa Negeri Lubuklinggau menunjukkan bahwa dengan adanya ice breaking maka siswa menjadi termotivasi, antusias dan semangat belajar, siswa juga sudah bisa fokus pada pembelajaran karena mereka sudah bisa mengikuti instruksi dari guru, serta dengan guru menggunakan media pembelajaran yang menarik menjadikan siswa lebih aktif dalam pembelajaran. (3) Hasil belajar siswa di Sekolah Luar Biasa Negeri Lubuklinggau, sebelumnya rata-rata nilai ulangan harian siswa 77,38 dan sekarang mengalami peningkatan rata-rata nilai ulangan harian siswa 80,3. Kata Kunci: Kreativitas, Pembelajaran, Sikap, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nuraliyah, Nuraliyahnuraliyahcahaya@gmail.com
Komalasari, Baktibaktikomala@gmail.com
Indrawari, Karlianakarlianaindrawari@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 10 Mar 2023 07:15
Last Modified: 10 Mar 2023 07:15
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3183

Actions (login required)

View Item View Item