Strategi Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Siswa (Studi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Rejang Lebong kelas XII Teknik Informatika Komputer)

Destriani, Destriani and Warsah, Idi and Karolina, Asri (2021) Strategi Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Siswa (Studi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Rejang Lebong kelas XII Teknik Informatika Komputer). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext (2).pdf - Accepted Version

Download (10MB)

Abstract

Destriani, NIM.17531172. “Strategi Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Siswa (Studi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Rejang Lebong kelas XII Teknik Informatika Komputer)”. Pembimbing I Bapak Dr. Idi Warsah, M.Pd.I. dan Pembimbing II Ibu Dr. Asri Karolina, M. Pd.I. Program Sarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup Tahun 2021. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan linguistik siswa serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan linguistik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kualitatif Deskriptif, dengan teknik menggumpulkan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu: 1) Reduksi data (Data Reduction), 2) Penyajian Data (Data Display), 3) Verifikasi Data (Data Verifikation). Teknik uji keabsahan data yaitu: 1) Triangulasi Sumber, 2) Triangulasi Teknik. hasil dari penelitian ini berupa uraian kata-kata, tulisan atau lisan dari subyek yang diamati yaitu Kepala Sekolah, Guru, Siswa. Berdasarkan latar belakang masalah yaitu siswa enggan mengulang yang telah dipelajari, siswa tidak mampu menyampaikan materi yang telah dipelajari dengan bahasanya sendiri. Hasil dari penelitian memperoleh simpulan: Pertama, dalam mengembangkan kecerdasan linguistik siswa di SMKN 1 Rejang Lebong kelas XII Teknik Informatika Komputer berdasarkan indikator kecerdasan linguistik itu sendiri. indikator mendengar menerapkan strategi Dictogloss, indikator membaca menerapkan strategi Know Want to Learning, indikator menulis dengan menerapkan strategi penulisan terbimbing, indikator berbicara menggunakan strategi pembelajaran kooperatif (SPK) dengan menerapkan metode diskusi dengan hasil siswa mampu menjelaskan meteri yang telah dipelajari degan baik. Kedua, Faktor pendukung dalam mengembangkan kecerdasan linguistik siswa seperti kreatifitas guru, kesiapan guru, kondisi siswa, gaya belajar siswa, kondisi emosi siswa dan program sekolah. Kata Kunci: Strategi Guru, Kecerdasan Linguistik, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Destriani, DestrianiUNSPECIFIED
Warsah, IdiUNSPECIFIED
Karolina, AsriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:44
Last Modified: 13 Mar 2023 04:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3178

Actions (login required)

View Item View Item