Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 12 Rejang Lebong

Ananda, Sofi Dhea and Wahyudi, Edi and Supardan, Dadan (2022) Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 12 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
SOFI DHEA ANANDA - Sofi Dhea ananda(1).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya prestasi belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Tematik di SD Negeri 12 Rejang Lebong. Dapat diketahui bahwa kurang aktif dalam pembelajaran akan berdampak pada prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap prestasi belajar peserta didik, mendeskripsikan prestasi belajar peserta didik selama pembelajaran dengan model Project Based Learning pada materi siklus air kelas V SDN 12 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Kelas V-A digunakan sebagai kelas kontrol dengan teknik konvesional dan kelas V-B digunakan sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek. Teknik pengumpulan data menggunakan test soal objektif untuk mengukur kemampuan kognitif peserta didik. Analisis data menggunaka Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap prestasi belajar peserta didik, hal ini dibuktikan dengan rata�rata pada kelas eksperimen 86,72 dengan kategori sangat baik dan kelas kontrol 42 dengan kategori baik 2) Peningkatan terhadap prestasi belajar peserta didik sebelum diberikan perlakuan model pembelajaran Project Based Learning berdasarkan perhitungan NGain menunjukkan kisaran 0,73 sehingga dapat dikatakan pemahaman peserta didik berkategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap prestasi belajar peserta didik materi siklus air kelas V SDN 12 Rejang Lebong

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ananda, Sofi DheaUNSPECIFIED
Wahyudi, Ediediwahyudi@iaincurup.ac.id
Supardan, DadanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:43
Last Modified: 13 Mar 2023 04:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3175

Actions (login required)

View Item View Item