Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Kerukunan Beragama di SDN 2 Karya Makmur Kecamatan Nibung Kabupaten Musi Rawas Utara

Yulesni, Sopi and Azwar, Beni and Mahfuz, Mahfuz (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Kerukunan Beragama di SDN 2 Karya Makmur Kecamatan Nibung Kabupaten Musi Rawas Utara. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Sopi Yulesni.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya fenomena yang terjadi terkait kerukunan antar umat beragama yang sering terjadi konflik kekerasan dan muncullah perpecahan. Di SDN 2 Karya Makmur memiliki latar belakang perbedaan suku, ras, budaya dan agama, yang dapat memicu terjadinya perselisihan karena adanya perbedaan tersebut. Rumusan masalah dari penelitian ini : Bagaimana Upaya Guru Pendidikan Agama Islam serta apa saja faktor pendukung dan penghambat Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Kerukunan Beragama di SDN 2 Karya Makmur. Tujuan penelitian ini : (1) Untuk mengetahui upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Kerukunan Beragama di SDN 2 Karya Makmur, Kecamatan Nibung, Kabupaten Musi Rawas Utara. (2) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Kerukunan Beragama di SDN 2 Karya Makmur, Kecamatan Nibung, Kabupaten Musi Rawas Utara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian diambil dengan cara purposive dengan pertimbangan dan tujuan tertentu, subejek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, guru pendidikan agama Hindu, serta siswa dan siswi SDN 2 Karya Makmur. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah, pertama kondisi umum kerukunan beragama di SDN 2 Karya Makmur sudah cukup kondusif. Hal ini terbukti dengan adanya sikap menerima dalam hidup berdampingan dengan warga sekolah yang heterogen, menghormati dan menghargai perbedaan keyakinan orang lain, serta saling tolong menolong, kedua upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai kerukunan beragama,guru sebagai edukator, guru sebagai motivator, guru sebagai fasilitator, serta guru menjadikan dirinya sebagai contoh tauladan dengan membiasakan senyum, sapa serta salam kepada semua warga sekolah tanpa memandang umur dan latar belakang agamanya. Faktor pendukungnya adalah situasi sekolah yang kondusif dan dorongan dari berbagai pihak seperti siswa itu sendiri, guru dan orang tua. Faktor penghambatnya adalah kurang jam pelajaran dalam satu minggu sekolah. Kata Kunci : Nilai-nilai, dan Kerukunan beragam

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yulesni, SopiUNSPECIFIED
Azwar, BeniUNSPECIFIED
Mahfuz, MahfuzUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:42
Last Modified: 13 Mar 2023 04:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3166

Actions (login required)

View Item View Item