Konsep Radikal Menurut Yusuf Qardhawi dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam

Saputra, Arian and Rahman, Abdul and Nurjannah, Nurjannah (2020) Konsep Radikal Menurut Yusuf Qardhawi dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (992kB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang penelitian didalam skripsi ini penulis berusaha menemukan informasi tentang Radikal. Radikal ini juga sudah menjadi suatu pemahaman yang sangat membahayakan, seseorang yang sudah terpapar Radikal, biasanya berargumen dengan keras dan memiliki pemahaman sendiri tentang ajaran Agama tanpa dasar Al- Qur’an dan Hadist, bahkan kaum Radikal juga tak segan untuk melakukan cara yang tidak sopan dengan lawan bicaranya apabila tidak sependapat dengan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa Konsep Radikal Menurut Yusuf Qardhawi dan apa Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Menjelaskan makna Radikal melalui pemikiran Qardhawi dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif kepustakaan (library reseach), Penelitian kepustakaan mengandalkan data dari kepustakaan. Analisis Data Primer Buku Karya Yusuf Qardhawi dan Data Sekunder buku yang sama membahas tentan Radikal dengan melalui isi (content analisis), Penelitian ini dilakukan dengan cara pengumpulan, mengolah dan menganalisis data. Data diambil dari literatur-literatur tertulis, Metode pengumpulan data pada Dokumen yang berbentuk tulisan misalnya Buku, Jurnal, Artikel, Biografi, Skripsi, Dokumen yang berbentuk karya Ilmiah dan lain-lain. Hasil penelitian Konsep Radikalisme Menurut Yusuf Qardhawi dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam, Menurut Yusuf Qardhawi paham Radikal ini sangat berbahaya, karena apa yang dilakukan oleh individu atau kelompok radikal ini dapat membuat ajaran atau aliran Agama baru karena mereka ini adalah golongan yang mempelajari ilmu agama secara tidak mendalam ditambah lagi mereka hanya meyakini apa yang menurut mereka yakini tanpa berpedoman kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam ialah sebagai Guru Agama harus lebih berhati-hati dalam menagajarkan konsep ini, guru juga harus bersunnguh-sungguh dalam memberi materi maupun praktek, ditambah lagi dengan pehaman seorang Guru harus lebih mendalam tentang Agama sehingga materi ajar diberikan kepada siswa tidak bertolak belakang dari syari’at Islam yang berlandaskan Al-Qur’an dan Hadist. Kata Kunci : Radikalisme, Yusuf Qardhawi, Pendidkan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Saputra, ArianUNSPECIFIED
Rahman, AbdulUNSPECIFIED
Nurjannah, NurjannahUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:42
Last Modified: 13 Mar 2023 04:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3153

Actions (login required)

View Item View Item