Ramadhan, Arif and Mustar, Saidil and Mutia, Mutia (2020) Pengaruh Pen-Jurusan Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMAN 5 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Fulltext.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
Abstract
Kebutuhan akan adanya pendidikan menuntut seseorang untuk terus melanjutkan pendidikan dan mencapai cita-citanya. Dalam tahapan pendidikan terdapat upaya yang dilakukan pemerintah pada jenjang pendidikan SMA, upaya yang dimaksud adalah penjurusan. Penjurusan merupakan suatu upaya pengelompokan Ilmu Pengetahuan, upaya ini dilakukan agar siswa dapat memahami pelajaran sesuai dengan bidang ilmu yang telah dikelompokkan. Untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang sudah dikelompokkan maka siswa harus mempunyai motivasi belajar yang baik. Motivasi belajar merupakan sebuah daya dan upaya yang ada dalam diri siswa yang mendorongnya untuk menguasai ilmu pengetahuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Adapun data yang diambil dari siswa SMA N 5 Rejang Lebong berupa Angket. Kemudian hasil angket tersebut dikelola dengan menggunakan rumus korelasi product moment, dengan alat pengumpul data berupa kuisioner angket, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh hasil perhitungan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penjurusan terhadap motivasi belajar siswa, hal ini dapat ditunjukan dengan koefisien korelasi Selain itu motivasi belajar siswa baik jurusan IPA atau IPS sama-sama menunjukkan motivasi belajar dengan kategori sedang dan tinggi yang dominan. Kata Kunci : Penjurusan (X), Motivasi Belajar (Y)
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs maisonah | ||||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2023 04:42 | ||||||||
Last Modified: | 13 Mar 2023 04:42 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3151 |
Actions (login required)
View Item |