Strategi Meningkatkan Minat Belajar Baca Al-Qur’an Lansia dan Orang Dewasa Desa Mardiharjo

Mujiasih, Aris and Nuzuar, Nuzuar and Fathurrohman, Irwan (2020) Strategi Meningkatkan Minat Belajar Baca Al-Qur’an Lansia dan Orang Dewasa Desa Mardiharjo. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Abstrak Guru ngaji mempunyai peranan yang penting untuk meningkatkan kualitas peserta didik atau para santrinya terutama dalam bidang membaca Al-Qur’an. Karena membaca dan mempelajari Al-Qur’an merupakan amalan yang sangat mulia dan juga hal yang sangat penting dikalangan umat muslim. Dalam menghadapi para lansia dan orang dewasa yang belum memahami bacaan Al-Qur’an dengan baik dan benar di Desa Mardiharjo menggunakan strategi khusus dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an. Seperti memberikan materi dengan bahasa yang mudah, memberikan motivasi kepada lansia dan orang dewasa agar bersemangat dalam belajar membaca Al-Qur’an. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang Strategi meningkatkan minat belajar baca Al-Qur’an lansia dan orang dewasa Desa Mardiharjo dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat belajar baca Al-Qur’an lansia dan orang dewasa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, menggunakan analisis data hasil penelitian yaitu dengan mendeskripsikan atau menggambarkan keadaan yang sedang berlangsung dan menganalisis datanya dengan tidak menggunakan perhitungan statistik. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru ngaji, lansia dan orang dwasa jemaah pengajian Al-Hidayah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa, strategi yang digunakan guru ngaji dalam mengajar membaca Al-Qur’an adalah dengan cara guru ngaji menyampaikan materi pembelajaran Al-Qur’an kepada lansia dan orang dewasa dengan bahasa dan istilah-istilah penyampaian materi yang mudah dimengerti, hal ini dilakukan agar lansia dan orang dewasa dapat menerima materi pembelajaran secara optimal. Faktor pendukung dalam meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur’an berasal dalam diri lansia dan orang dewasa seperti adanya minat dan motivasi serta adanya faktor dari luar diri yaitu adanya motivasi yang diberikan oleh guru ngaji. Dan faktor penghambat berasal dari faktor masyarakat yaitu adanya kegiatan gotong royong dalam acara hajatan atau rewangan. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Guru Ngaji, Belajar Membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mujiasih, ArisUNSPECIFIED
Nuzuar, NuzuarUNSPECIFIED
Fathurrohman, IrwanUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:42
Last Modified: 13 Mar 2023 04:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3150

Actions (login required)

View Item View Item