Strategi Layanan Digitalisasi Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Curup dalam Menjaga Loyalitas Nasabah

Oktaviani, zeni and Istan, Muhammad and Saputra, Ahmad Danu (2023) Strategi Layanan Digitalisasi Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Curup dalam Menjaga Loyalitas Nasabah. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi digitalisasi apa yang digunakan Bank BSI KCP Curup dalam menjaga loyalitas nasabah, oleh karena itu pihak bank harus mampu memberikan pelayanan yang prima dan luar biasa dalam rangka memenuhi tuntutan masyarakat dan memenuhi kewajibannya. Namun, ada kalanya masalah dengan layanan pelanggan muncul, seperti yang mempengaruhi waktu, biaya, cara melayani masyarakat, dan aspek bisnis lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kulitatif lapangan dengan pendekatan penelitian deskriptif, objek penelitian ini adalah Bank BSI KCP Curup, subjek penelitian ini pegawai bank dan nasabah Bank BSI KCP Curup. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisis pada penelitian ini data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada strategi Bank BSI KCP Curup menerapkan inovasi layanan digital seperti Mobile Banking, pada aplikasi Mobile Banking ini memiliki fitur yaitu membuka rekening, cicilan emas, transfer, gadai dan bisa melakukan pembayaran top-up. Dari sisi agama, Bank BSI Mobile dapat menampilkan jam sholat, arah kiblat, petunjuk bacaan wajib kitab suci, dan ekosistem ZISWAF untuk pengumpulan zakat dan wakaf. Strategi layanan digitalisasi pada Bank BSI KCP Curup dalam menjaga loyalitas nasabah ialah dengan inovasi perbankan dalam bentuk layanan digital berupa Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking, dan ATM. Dan memberikan bonus dan promosi spesial seperti promo Racing Point dan hujan rezeki bagi nasabah yang menggunakan sistem digital BSI Mobile Banking. Kata kunci : Strategi, Digitalisasi, Loyalitas, Nasabah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Oktaviani, zenioktavianizeni3@gmail.com
Istan, MuhammadIstanmuhammad1975@gmail.com
Saputra, Ahmad Danuahmaddanusaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:50
Last Modified: 08 Mar 2023 02:50
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3142

Actions (login required)

View Item View Item