Penerapan Metode Gabungan Wahdah dan Kitabah Dalam Meningkatkan Kualitas Menghafal Dan Menulis Al Quran Studi Taman Pendidikan Al-Qur’an Desa Air Meles Bawah

Cahyani, Soraya Putri and Baryanto, Baryanto and Cikdin, Cikdin (2022) Penerapan Metode Gabungan Wahdah dan Kitabah Dalam Meningkatkan Kualitas Menghafal Dan Menulis Al Quran Studi Taman Pendidikan Al-Qur’an Desa Air Meles Bawah. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
soraya putri.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengantarkan siswa yang memiliki kompetensi menghafal dan menulis Al-Qur’an yang bagus serta bukan hanya bisa menghafal Al-Qur’an saja melainkan bisa menuliskan ayat Al-Qur’an yang mereka hafalkan tanpa melihat mushaf Al-Qur’an. Pada obyek penelitian ini metode yang diterapkan dalam mengantarkan siswa yang memiliki kompetensi hafalan dan tulisan Al�Quran adalah gabungan antara metode wahdah dan kitabah.fenomena ini menarik untuk diteliti karena dengan upaya penerapan gabungan metode menghafal Al-Qur’an, memiliki nilai lulus dengan kompetensi hafalan yang cukup baik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis.Subjek penelitiannya adalah Ustazah pembimbing, dan siswa Taman Pendidikan Al-Qur’an Desa Air Meles Bawah Kecamatan Curup timur Kabupaten Rejang Lebong.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, serta analisa data yang digunakan yaitu kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode gabungan wahdah dan kitabah meningkatkan kualitas menghafal Al-Qur’an di Taman pendidikan Al-Qur’an Desa Air meles bawah ini anak banyak mengalami peningkatan. karena dengan menggunakan metode gabungan ini anak tidak hanya bisa menghafal ayat yang dihafalkan saja tetapi anak juga dapat menuliskan ayat-ayat Al-Qur’an yang mereka hafalkan tanpa melihat mushaf Al-Qur’an. Dengan menggabungkan dua metode wahdah dan kitabah anak mendapatkan dua keuntungan yaitu anak bisa belajar menghafal dan bisa menuliskan ayat Al-Qur’an yang mereka hafalkan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Cahyani, Soraya PutriUNSPECIFIED
Baryanto, BaryantoUNSPECIFIED
Cikdin, CikdinUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:42
Last Modified: 13 Mar 2023 04:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3141

Actions (login required)

View Item View Item