Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Interaktif Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 02 Rejang Lebong

Oktavia, Despri and Mustar, Saidil and Putri, Dini Palupi (2020) Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Interaktif Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 02 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (366MB)

Abstract

) “Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Interaktif Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 2 Rejang Lebong”. Dilatar belakangi bahwa Implemetasi Kurikulum 2013 berhubungan dengan Interaktif Siswa pada pembelajaran pendidikan agama islam masih tergolong rendah dan kurangnya keaktifan dalam belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013, untuk mengetahui pembelajaran interaktif siswa, dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara implementasi kurikulum 2013 terhadap interaktif siswa di SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deangan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proporsional random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 140 siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan mengunakan angket, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini meliputi: Pertama, Implementasi kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Rejang Lebong dapat dinyatakan baik. Kedua, Pembelajaran interaktif siswa di SMP Negeri 2 Rejang Lebong dapat dinyatakan kurang baik. Ketiga, Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengaruh implementasi kurikulum 2013 terhadap interaktif siswa di SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Berdasarkan dari perhitungan statistik dengan koefisien product moment dari hasil koefisien korelasi tersebut dapat diketahui bahwa implementasi kurikulum 2013 (X) maupun interaktif siswa (Y), keduanya memiliki pengaruh positif dan signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi r_xy= 0,371 > r_(tabel )0,159, ini berarti berpengaruh positif dan signifikan. Kata Kunci : Implementasi kurikulum 2013, Interaktif Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Oktavia, DespriUNSPECIFIED
Mustar, SaidilUNSPECIFIED
Putri, Dini PalupiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:41
Last Modified: 13 Mar 2023 04:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3140

Actions (login required)

View Item View Item