Pengaruh Kelompok Kerja Guru (Kkg) Terhadap Profesional Guru Dalam Mengajar Di Min 1 Rejang Lebong

Nuryuanita, Sepani (2019) Pengaruh Kelompok Kerja Guru (Kkg) Terhadap Profesional Guru Dalam Mengajar Di Min 1 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENGARUH KELOMPOK KERJA GURU (KKG) TERHADAP PROFESIONAL GURU DALAM MENGAJAR DI MIN 1 REJANG LEBONG.pdf

Download (1MB)

Abstract

KKG merupakan wadah pembinaan yang bertujuan untuk menciptakan kompetensi peserta KKG. Dari hasil pembinaan tersebut menghasilkan beberapa kompetensi khusunya profesional.untuk ituperlu dilihat seberapa pengaruhnya program KKG terhadap profesional guru Penelitian bertujuan untuk mengetahui:1) kegiatan program KKG yang ada di MIN 1 Rejang Lebong. 2) profesional guru dalam mengajar dengan adanya KKG di MIN 1 Rejang Lebong 3) pengaruh yang positif dan signifikan antara program KKG terhadap profesional guru dalam mengajar di MIN Rejang Lebong. ini Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Jumlah sampel penelitian ini adalah 33 orang guru Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket skala Likert. Dalam menganalisis data penulisan akan mengunakan analisis deskriptif dalam arti menguraikan dan menggambarkan hasil penelitian. Setelah data terkumpul lalu diklasifikasikan atau dipisahkan menurut jenisnya kedalam tabel-tabel. Untuk menganalisis data menggunakan rumus produk moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pada kegiatan KKG dideskprisikan sebagai berikut: dalam kategori “sangat tinggi” ada 4 guru atau 12,12%, “Tinggi” ada 7 guru atau 21,21%, “Sedang” ada 4 guru atau 12,12%, “Kurang” ada 10 guru atau 30,30% sedangkan dengan kategori “sangat Kurang” ada 8 guru atau 22,22%. 2) pada profesional guru dapat diuraikan beberapa kategori yakni sebagai berikut: dalam kategori “sangat tinggi” ada 6 guru atau 18,18%, “Tinggi” ada 7 guru atau 21,21%, “Sedang” ada 3 guru atau 9,09%, “Kurang” ada 8 guru atau 24,24% sedangkan dengan kategori “sangat Kurang” ada 9 guru atau 27,27%. 3) pengaruh yang positif dan signifikan antara program KKG terhadap profesional guru dalam mengajar di MIN Rejang Lebong: dari perhitungan dalam pengujian hipotesis maka dapat di peroleh nilai r .product moment antara variabel X dan Y ialah rx= 0,7707 Berdasarkan kriteria dalam nilai rentang r korelasi 0,60-0,799 bahwa Antara variabel x dan variabel y terdapat korelasi yang kuat. Yang artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara program KKG terhadap profesional guru dalam mengajar di MIN Rejang Lebong

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nuryuanita, SepaniUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerBeni, AzwarUNSPECIFIED
ReviewerAfrilia, RosetyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KKG; profesional guru
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:19
Last Modified: 25 Oct 2019 04:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/313

Actions (login required)

View Item View Item