Analisis Model Problem Based Learning Dalam Pengajaran Bahasa Indonesia di SMPN 5 Rejang Lebong

Zakaria, Megi and Botifar, Maria and Iskandar, Zelvi (2023) Analisis Model Problem Based Learning Dalam Pengajaran Bahasa Indonesia di SMPN 5 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI_GABUNGAN_MEGI PAS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Metode Problem Based Learnig dalam Pengajaran Bahasa Indonesia di SMPN 5 Rejang Lebong. Oleh karena itu, perlu di kaji penerapan, hasil belajar siswa, dan hambatan dan kesulitan metode Problem Based learning Dalam Pengajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif kualitatif yang menggambarkan suatu keadaan atau peristiwa yang terjadi di lapangan. Adapun objek dalam penelitian ini adalah guru pelajaran Bahasa Indonesia dan Siswa kelas VIIA. Jenis data menggunakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan metode obsevasi, tes wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan penulis ialah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitiannya yaitu, bahwa penerapan metode Problem Based learning dalam pengajaran Bahasa Indonesia di SMPN 5 Rejang Lebong berjalan dengan baik dan guru sudah menerapkan semua tahapan atau langkah – langkah sesuai dengan model pembelajaran Problem Based Learning dalam proses pembelajaran. Adapun hasil belajar siswa kelas VIIA yang berjumlah 23 orang termasuk kategori tinggi, dibuktikan dengan kategori tinggi berjumlah 18 orang sebanyak 90%, dan kategori sedang berjumlah 2 orang sebanyak 10%, kategori cukup berjumlah 3 orang sebanyak 15%, kategori rendah berjumlah 0 orang sebanyak 0 %. Hambatan dialami guru dalam menggunakan metode Problem Based Learning adalah susahnya menentukan masalah yang tepat sehingga mampu menstimulus suasana diskusi yang baik dan mampu menstimulus perkembangan intelektual siswa, kesulitan butuh waktu lama dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran disebab kan guru belum terbiasa dengan pembelajaran Problem Based Learning. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Zakaria, Megizakariamegi99@gmail.com
Botifar, Mariamaria.botifar@yahoo.co.id
Iskandar, ZelviZelvi.is89@gmail.cpm
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:43
Last Modified: 07 Mar 2023 07:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3126

Actions (login required)

View Item View Item