Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kepramukaan Di MIS 05 Darussalam Kepahiang

Sugiarti, Sugiarti and Asha, Lukman and Putrajaya, Guntur (2022) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kepramukaan Di MIS 05 Darussalam Kepahiang. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Sugiarti.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kepramukaan Di MIS 05 Darussalam Kepahiang.Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang menananmkan dan mengembangkan karakter kepada anak didik, sehinnga mereka memiliki karakter yang baik, menerapkan dan menclakukannya dala kehidupan baik dikeluarga, masyarakat, dan negara.Penanaman nilaia-nilai karakter untuk peserta didik di sekolah di lakukan secara tersusun dengan baik. Di MIS 05 Darussalam Kepahiang ini sebagian besar anak sudah dapat membentuk karakter pribadi mereka, dibantu juga dengan kegiatan ekstrakulikuler pramuka yang ada di sekolah ini dalam membentuk karakter siswa, sehingga siswa bisa menjadi anak yang mandiri, disiplin, dewasa, melakukan kegiatan atau membuat tugas tepat waktu, dan mereka bisa melakukan sesuatu yang belum mereka bisa sebelumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Subjek penelitian ialah kepala sekolah, Pembina pramuka, dan siswa-siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka.Tekni pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan karakter yang dilakukan dalam kegiatan pramuka sudah cukup baik, nilai pendidikan karakter yang ditanamkan yaitu kerja sama, tanggung jawab, keberanian, kepemimpinan, kemandirian, kedisiplinan, keterampilan, cinta alam dan kepedulian. Pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MIS 05 Darussalam Kepahiang diterapkan menggunakan model suasana yang menyenangkan, seperti menjelajah, membuat tenda, menyalakan api unggun, berkemah, membantu sesama, latihan lkbb, membuat yel-yel. Dalam kegiatan-kegiatan tersebut harus ada arahan dari Pembina pramuka. Dengan seperti itu siswa dapat membentuk karakter seperti arahan dari Pembina. Kata kunci: karakter, kegiatan kepramukaan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sugiarti, SugiartiUNSPECIFIED
Asha, Lukmanlukman.asha@iaincurup.ac.id
Putrajaya, Gunturguntur.putrajaya@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:41
Last Modified: 13 Mar 2023 04:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3123

Actions (login required)

View Item View Item