Upaya Sekolah Dalam Mengefektifkan Kegiatan Belajar Mengajar Di Sd N 10 Kepahiang

Sulastri, Sulastri and Asha, Lukman and Putrajaya, Guntur (2022) Upaya Sekolah Dalam Mengefektifkan Kegiatan Belajar Mengajar Di Sd N 10 Kepahiang. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Sulastri(1).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari kegiatan pembelajaran di masa PPKM yang terbilang kurang efektif. Adanya kendala dari siswa, orang tua maupun guru menjadi salah satu faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran. Setelah masa PPKM pembelajaran kembali normal seperti biasanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya sekolah dalam mengaktifkan kegiatan belajar mengajar setelah masa PPKM dan apa saja faktor yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan upaya tersebut. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. hasil penelitian yang telah dilakukan dapat di simpulkan bahwa: 1.Upaya sekolah dalam mengaktifkan kegiatan belajar mengajar di sekolah memuat beberapa indikator: Upacara Bendera pada hari Senin, efektivitas pembelajaran, kegiatan sholat dhuha dan kultum di hari jum’at, eskul pramuka, dan guru piket. upaya yang dilakukan guru dalam efektivitas kegiatan belajar mengajar setelah masa PPKM adalah di kelas rendah guru mengunakan metode belajar sambil bernyanyi atau bermain kuis dengan tujuan siswa tidak merasabosan ketika proses belajar mengajar, dan memfokuskan pada anak yang belum lancar calistung untuk diberi bimbingan lebih di jam istirahat atau pulang sekolah. Untuk kelas atas guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi untuk menarik minat siswa dalam belajar, dan di bantu dengan menggunakan media pembelajaran juga alat peraga yang tersedia di sekolah. 2.Faktor pendukung dalam pelaksanaan upaya tersebut adanya fasilitas yang memadai seperti wifi, laptop, infokus dan alat peraga yang tersedia di sekolah. 3.Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya semangat siswa dalam belajar dan kurangnya perhatian orang tua di rumah sehingga anak-anak jarang belajar di rumah. Kata Kunci: Upaya Sekolah, Belajar dan Mengajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sulastri, SulastriUNSPECIFIED
Asha, Lukmanlukman.asha@iaincurup.ac.id
Putrajaya, GunturUNSPECIFIED
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:27
Last Modified: 13 Mar 2023 04:27
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3121

Actions (login required)

View Item View Item