Interaksi Antara Guru Dan Siswa dan Implikasinya Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran PAI Di SDIT Khoiru Ummah Rejang Lebong

Sumaryati, Sumaryati and Sari, Dewi Purnama and Cikdin, Cikdin (2022) Interaksi Antara Guru Dan Siswa dan Implikasinya Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran PAI Di SDIT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
SUMARYATI - Sumaryati yati.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya interaksi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam ataupun keaktifan siswa dalam belajar agar dapat meningkat kan tingkat belajar di saat pembelajaran di kelas IV Di SDIT Khoiru Ummah Rejang Lebong guru harus di tuntut untuk ramah agar dapat pengembangan interaksi dalam pembelajaran terhadap ajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian hasil lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukkan dengan cara observasi awal dalam tahap mengenal lingkungan, melalui tahap wawancara, dan mengumpulkan data atau sebuah hasil ialah dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan sebuah kesimpulan. Adapun sumber data pada penelitian ini yaitu guru Pendidikan Agama Islam, peserta didik kelas IV di SDIT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran ialah sebuah interaksi timbal balik anatara individu dan kelompok di dalam pelaksnaan pembelajaran, kominkasi ialah bersifat seperti dialog. Untuk mencapai tujuan dalam kegiatan belajar. Interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran pai terdapat tiga bagian kegiatan pendahuluan,kegiatan inti, kegiatan penutup.interaksi dapat membuat Susana kelas nyaman dengan cara pembukaan yang asik,baik dengan cara menyanyikan yel yel, ataupun dengan cara ice breaking. Menanyakan kabar terlebih dahulu, memberikan kesempatan siswa untuk bertanya dan seorang vuru memberikan motivasi sebelum memulai pembelajaran,menyiapkan mental secara fisik maupun intelektual agar dapat fokus dalam belajar, memberikan game yang berkaitan dengan materi agar siswa aktif dalam bertanya, pengulangan materi,pengulangan pelajaran, pengulangan tugas.Implikasinya terhadap keaktifan siswa dalam belajar dengan cara memberikan materi atau pembelajaran yang menyenangkan, melibatkan seseorang siswa agar aktif dalam bertukar fikiran dan dapat memberanikan diri di dalam lingkungan kelas,aktif dalam mengerjakan tugas,terkosukan untuk memahami materi yang di sampaikan oleh guru dan di beri kesempatan bagi siswa untuk memberikan ulasan atau kesimpulan. Kata kunci :Interaksi Guru dan Siswa,Implikasinya,Keaktifan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sumaryati, SumaryatiUNSPECIFIED
Sari, Dewi PurnamaUNSPECIFIED
Cikdin, CikdinUNSPECIFIED
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:42
Last Modified: 13 Mar 2023 04:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3118

Actions (login required)

View Item View Item